Tautan-tautan Akses

Pembicaraan Nuklir Iran Dilanjutkan 13 Mei


Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton (kiri) dan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif berbicara kepada media di Wina, Austria (9/4).

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton (kiri) dan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif berbicara kepada media di Wina, Austria (9/4).

Setelah dua hari pembicaraan di Wina, putaran baru pembicaraan nuklir Iran akan dimulai lagi tanggal 13 Mei mendatang.

Kepala Urusan Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton mengatakan, pembicaraan nuklir antara Iran dan negara-negara kuat dunia akan melangkah ke tahap lebih lanjut pada bulan Mei.

Setelah dua hari pembicaraan di Wina, Ashton mengatakan sebuah putaran baru pembicaraan nuklir akan dimulai tanggal 13 Mei. Para diplomat telah mengadakan tiga putaran pembicaraan tahun ini.

Pemimpin Iran Ayatollah Ali Khamenei, Rabu, menegaskan kembali dukungannya bagi pembicaraan nuklir dengan negara-negara kuat dunia. Tapi ia juga menegaskan bahwa Teheran akan melanjutkan program nuklirnya.

Mereka yang terlibat dalam pembicaraan ingin mencapai kesepakatan permanen menjelang akhir Juli yang didasarkan pada kesepakatan sementara yang dicapai tahun lalu.

Berdasarkan kesepakatan sementara itu, Iran setuju untuk menghentikan aktivitas nuklirnya yang paling sensitif, dengan imbalan pelonggaran sanksi terbatas dari kelompok yang mencakup Amerika, Inggris, China, Perancis, Rusia dan Jerman.
XS
SM
MD
LG