Tautan-tautan Akses

Salehi Ambil Alih Jabatan Menteri Luar Negeri Iran


Menteri Luar Negeri Iran yang baru, Ali Akbar Salehi

Menteri Luar Negeri Iran yang baru, Ali Akbar Salehi

Ali Akbar Salehi dilantik hari Sabtu dalam upacara di kementerian luar negeri Iran, menggantikan Manouchehr Mottaki yang dipecat Presiden Ahmadinejad.

Pejabat nuklir tertinggi Iran telah dengan resmi mengambi alih jabatan sebagai menteri luar negeri sementara setelah pendahulunya dipecat oleh Presiden Mahmoud Ahmadinejad.

Televisi pemerintah Iran melaporkan Ali Akbar Salehi dilantik hari Sabtu dalam upacara di kementerian luar negeri Iran. Orang yang digantikannya, Manouchehr Mottaki, tidak hadir dalam pelantikan itu.

Mottaki menjabat sebagai menteri luar negeri dari tahun 2005 sampai dirinya dipecat secara mendadak hari Senin. Presiden Ahmadinejad tidak memberikan alasan pemecatan itu, meskipun banyak pakar telah berspekulasi pemecatan itu disebabkan oleh perbedaan politik.

Salehi telah menjabat sebagai dutabesar Iran di Badan Energi Atom Internasional. Dia mengambil alih jabatan menteri luar negeri sementara Iran bersiap-siap untuk menghadiri pembicaraan nuklir bulan Januari dengan ke-5 anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan Jerman, kelompok yang dikenal sebagai P5 + 1.


XS
SM
MD
LG