Tautan-tautan Akses

Menlu Iran akan Tingkatkan Hubungan dengan Negara-negara Islam


Ali Akbar Salehi, resmi menjabat Menlu Iran hari Sabtu, menggantikan Manouchehr Mottaki.

Ali Akbar Salehi, resmi menjabat Menlu Iran hari Sabtu, menggantikan Manouchehr Mottaki.

Ali Akbar Salehi yang baru dilantik Sabtu, bertekad meningkatkan hubungan dengan negara-negara tetangga Islam, khususnya Arab Saudi.

Menteri Luar Negeri Iran yang baru mengatakan salah satu prioritasnya adalah meningkatkan hubungan dengan negara-negara tetangga Islam, khususnya Arab Saudi.

Dalam upacara pelantikannya hari Sabtu, Ali Akbar Salehi mengatakan Arab Saudi pantas menjalin hubungan khusus dengan Iran. Dia mengatakan, Iran dan Arab Saudi adalah negara-negara berpengaruh di kawasan itu yang mampu menyelesaikan banyak masalah melalui kerjasama bilateral.

Sebuah kawat diplomatik Amerika yang disiarkan baru-baru ini oleh WikiLeaks mengatakan, Arab Saudi cemas atas program nuklir Iran.

Salehi juga menyerukan penjalinan hubungan yang kuat dengan Uni Eropa, suatu sikap baru dibanding retorika yang biasanya bermusuhan terhadap Barat,

Dia mengatakan meski pun Uni Eropa menunjukkan perilaku tidak adil, tidak berprinsip dan tidak logis, anggota-anggota Uni Eropa masih berupaya mencari hubungan yang baik dengan Iran demi berbagai alasan termasuk kerjasama energi.

XS
SM
MD
LG