Tautan-tautan Akses

Rusia Sediakan Lapangan Terbang untuk Misi NATO di Afghanistan


Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov (Foto: dok)

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov (Foto: dok)

Rusia tengah merampungkan gagasan pemberian izin transit pasukan dan logistik militer untuk anggota NATO dan Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov telah mengukuhkan rincian rancangan gagasan pemberian ijin kepada Amerika Serikat dan anggota NATO lainnya untuk menggunakan sebuah lapangan terbang di Rusia tengah sebagai pusat transit bagi pasukan dan logistik militer yang menuju Afghanistan.

Lavrov mengatakan kepada para anggota parlemen Rusia hari Rabu gagasan tersebut belum rampung. Ia juga membantah spekulasi bahwa pasukan Amerika akan mempunyai pangkalan dekat lapangan terbang di Ulyanovsk.

Menteri Luar Negeri Rusia itu juga mengatakan keberhasilan misi NATO di Afghanistan juga memenuhi kepentingan terbaik Rusia karena ancaman dari teroris dan pedagang narkoba akan berkurang kalau Afghanistan distabilkan.

Pengumuman itu dikeluarkan sehari setelah pihak berwenang Kyrgyzstan mengatakan kepada Menteri Pertahanan Amerika Leon Panetta pada kesempatan kunjungan ke negara itu, bahwa mereka tidak akan memperpanjang sewa pusat transit setempat setelah daluwarsa bulan Juli tahun 2014. Pusat Transit Manas dekat ibukota Bishkek telah menjadi tempat masuk dan keluar utama bagi pasukan NATO dari Afghanistan.

Rusia sebelumnya mengizinkan Amerika dan NATO menggunakan rute rel kereta api dan jalur udara untuk mengangkut logistik ke Afghanistan.

XS
SM
MD
LG