Tautan-tautan Akses

HRW Imbau Rusia Berhenti Tangkapi Aktivis dalam Demonstrasi Damai


Polisi Rusia menahan seorang aktivis dalam demonstrasi ant-Putin di Moskow.

Polisi Rusia menahan seorang aktivis dalam demonstrasi ant-Putin di Moskow.

Organisasi Human Rights Watch (HRW) meminta pihak berwenang Rusia untuk melindungi hak untuk mengadakan rapat secara damai.

Organisasi HAM internasional meminta pihak berwenang Rusia untuk melindungi hak untuk mengadakan rapat secara damai dengan mengecam Rusia karena menahan demonstran damai dan tidak meminta pertanggungan jawab mereka yang melakukan pelanggaran.

Organisasi Human Rights Watch (HRW) yang berbasis di Amerika hari Selasa mengatakan lebih dari 130 demonstran ditahan hari Sabtu dan Minggu pada tiga demonstrasi terpisah di ibukota, Moskow.

Kelompok HAM itu mengatakan pertemuan-pertemuan itu semuanya berlangsung damai dan menambahkan para aktivis “tidak melakukan apapun untuk memprovokasi polisi atau memerlukan campur tangan polisi”.

Laporan itu mengatakan sebagian di antara yang ditangkap kemudian dibebaskan dalam beberapa jam saat menunggu persidangan, sementara yang lainnya dikenai hukuman sampai 10 hari penjara.

Wakil Direktur interim HRW untuk Eropa dan Asia Tengah Jane Buchanan, mengatakan kepada VOA pemerintah Rusia perlu menjamin hak untuk mengadakan rapat umum secara bebas bagi seluruh warganya dan mengijinkan pernyataan sepenuhnya akan hal itu dan menetapkan larangan hanya jika ada ancaman terhadap umum.

HRW menegaskan bahwa menurut Mahkamah HAM Eropa, demonstrasi damai tanpa ijin tidak membenarkan dibatasinya hak untuk mengadakan rapat umum secara bebas.

Juru bicara kedutaan besar Rusia di Washington tidak memberikan komentar.

Dalam beberapa bulan ini ribuan orang ikut dalam berbagai demonstrasi yang mendapat izin dan tanpa izin di seluruh Rusia untuk memprotes serangkaian isu termasuk pemilu parlemen dan presiden, korupsi dan penahanan tawanan politik.

XS
SM
MD
LG