Tautan-tautan Akses

Helikopter NATO Jatuh, 16 Tewas Dekat Ibukota Afghanistan


Sebuah helikopter NATO yang membawa 12 tentara Turki jatuh menimpa rumah di pinggir ibukota Kabul (16/3).

Sebuah helikopter NATO yang membawa 12 tentara Turki jatuh menimpa rumah di pinggir ibukota Kabul (16/3).

Tentara Turki mengatakan salah satu helikopternya jatuh menimpa rumah di pinggir ibukota Afghanistan, Kabul, menewaskan 12 tentara Turki dalam helikopter dan empat orang di darat.

Pihak berwenang mengatakan, helikopter Sikorsky itu sedang dalam misi sebagai bagian dari pasukan NATO di Afghanistan ketika jatuh hari Jumat di distrik Bagrami, Provinsi Kabul.

Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu mengemukakan, helikopter itu jatuh ketika berusaha melakukan pendaratan darurat. Kepada wartawan, ia mengatakan,”Insiden ini sangat menyedihkan.”

Pejabat-pejabat Afghanistan mengatakan, dua anak tewas ketika helikopter itu menimpa rumah. Dua warga sipil lainnya juga tewas. NATO mengatakan penyebab kecelakaan sedang diselidiki dan laporan awal menunjukkan tidak ada kegiatan musuh di kawasan itu ketika insiden terjadi. Panglima NATO Jenderal John Allen menyampaikan dukacita mendalam bagi keluarga tentara Turki maupun warga sipil Afghanistan yang tewas.

Itu merupakan kecelakaan helikopter paling banyak menelan korban di Afghanistan sejak Agustus lalu, ketika helikopter Chinook tampak jelas ditembak jatuh oleh gerilyawan di provinsi Wardak, menewaskan 30 warga Amerika.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Victoria Nuland mengatakan mereka sangat sedih mendengar berita tentang kecelakaan helikopter itu dan menyampaikan belasungkawa kepada pemerintah Turki dan Afghanistan. Turki memiliki sekitar 1.800 tentara di Afghanistan sebagai bagian dari pasukan NATO. Misi Turki terbatas pada patroli dan tentaranya tidak ikut dalam operasi tempur. Di Afghanistan timur, NATO mengatakan seorang tentaranya tewas hari Kamis dalam ledakan bom.

XS
SM
MD
LG