Tautan-tautan Akses

Rusia Minta Pembahasan Kawasan Tenggara dengan Ukraina


Menlu Rusia Sergei Lavrov mengatakan kawasan tenggara Ukraina harus masuk agenda pembicaraan masa depan Ukraina, Selasa (8/4).

Menlu Rusia Sergei Lavrov mengatakan kawasan tenggara Ukraina harus masuk agenda pembicaraan masa depan Ukraina, Selasa (8/4).

Para demonstran pro-Rusia mengambil alih bangunan-bangunan pemerintah hari Minggu (7/4) di kota Kharkiv, Donetsk, dan Luhansk di Ukraina tenggara.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan kawasan tenggara Ukraina harus diikutkan dalam pembicaraan mengenai masa depan negara itu.

Ia mengatakan kepada para wartawan hari Selasa (8/4) di Moskow bahwa Rusia ingin melihat kawasan-kawasan itu, yang kebanyakan penduduknya berbahasa Rusia, terwakili dalam pembicaraan multilateral.

Di Paris, Sekjen NATO Anders Fogh Rasmussen memperingatkan bahwa intervensi Rusia lebih jauh di Ukraina akan menjadi “kekeliruan sejarah” yang akan semakin mengucilkan Rusia dari dunia.

Juga Selasa, Kementerian Luar Negeri Rusia meminta Ukraina agar menghentikan apa yang disebutnya persiapan militer di bagian tenggara, yang dapat menjurus pada perang saudara.

Menteri Dalam Negeri Ukraina Arsen Avakov mengatakan 70 demonstran ditangkap dalam operasi antiteror untuk mengusir para demonstran pro-Rusia yang merebut sebuah bangunan pemerintah di kota Kharkiv.

Para demonstran pro-Rusia mengambil alih bangunan-bangunan itu hari Minggu di kota Kharkiv, Donetsk, dan Luhansk. Mereka menuntut referendum mengenai pemisahan dengan Ukraina, serupa dengan referendum yang berlangsung bulan lalu di Krimea.
XS
SM
MD
LG