Tautan-tautan Akses

Rusia Peringatkan Risiko Perang Saudara di Ukraina Tenggara


Para demonstran pro-Rusia bentrok dengan aktivis pendukung persatuan Ukraina di kota Kharkiv, Ukraina timur (7/4).

Para demonstran pro-Rusia bentrok dengan aktivis pendukung persatuan Ukraina di kota Kharkiv, Ukraina timur (7/4).

Pejabat Rusia hari Selasa (8/4) memperingatkan Ukraina untuk menarik kembali pasukan keamanan dari Ukraina tenggara.

Rusia memperingatkan Ukraina untuk menarik kembali pasukan keamanan dari Ukraina tenggara, kalau tidak, negara itu akan menghadapi risiko terjadinya perang saudara.

Kementerian Luar Negeri di Moskow hari Selasa (8/4) mengatakan bahwa orang-orang yang mengambil bagian dalam apa yang mereka sebut persiapan militer mengancam kehidupan warga Ukraina yang damai. Ia mengatakan tindakan mereka penuh dengan kemungkinan terjadinya perang saudara.

Menteri Dalam Negeri Ukraina Arsen Avakov mengatakan pasukan yang melakukan operasi anti-teroris mengusir demonstran pro-Rusia yang merebut sebuah gedung pemerintah di kota Kharkiv. Avakov mengatakan 70 pengunjuk rasa ditangkap.

Demonstran pro-Rusia mengambil alih gedung-gedung hari Minggu di kota-kota Ukraina Kharkiv, Donetsk, dan Luhansk. Mereka menuntut dilakukannya referendum mengenai pemisahan dengan Ukraina – jenis referendum yang sama dengan yang berlangsung bulan lalu di Krimea.

Gedung Putih mengatakan pihaknya memiliki bukti bahwa beberapa demonstran bukan warga lokal yang dapat berbahasa Rusia tetapi didatangkan dari tempat lain dan dibayar untuk memulai kerusuhan.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry menelepon Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov untuk meminta Rusia untuk mengingkari orang-orang yang disebut Kerry separatis dan penyabot.
XS
SM
MD
LG