Tautan-tautan Akses

Rusia, Belarus Siapkan Tanggapan Atas Perisai Rudal NATO


Tentara Angkatan Laut AS di dek kontrol senjata kapal USS Monterey di pelabuhan Constanta di Laut Hitam, Rumania. (Foto: Dok)

Tentara Angkatan Laut AS di dek kontrol senjata kapal USS Monterey di pelabuhan Constanta di Laut Hitam, Rumania. (Foto: Dok)

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri Belarus Uladzimer Makey mengumumkan keputusan untuk bekerjasama dalam menghadapi perisai Amerika.

Para menteri luar negeri Rusia dan Belarus mengatakan pemerintah-pemerintah mereka akan menyiapkan tanggapan militer bersama atas pemasangan perisai rudal buatan Amerika di Eropa yang menurut Moskow sebagai ancaman terhadap keamanan dunia.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri Belarus Uladzimer Makey mengumumkan keputusan untuk bekerjasama dalam menghadapi perisai Amerika hari Senin (16/5) di Minsk. Kedua pihak tidak memberikan rincian.

Pertemuan mereka berlangsung hanya beberapa hari setelah NATO mengaktifkan pangkalan rudal pertahanan bernilai US$800 juta di Rumania selatan.

Komponen utama dalam sistem rudal itu menurut para pejabat NATO dan Amerika adalah dirancang untuk menghadapi ancaman rudal balistik dari Iran. Penempatan perisai lebih lanjut di Polandia diduga akan selesai pada tahun 2020.

Presiden Rusia Vladimir Putin Jumat lalu menepis pernyataan pihak Barat bahwa sistem rudal ini dirancang untuk menangkis ancaman dari Iran. Ia mengutip kesepakatan nuklir baru-baru ini antara negara-negara kuat Barat dan selaku memperkuat klaimnya bahwa ancaman dari Iran tidak ada lagi, dan bahwa tujuan Barat sebenarnya adalah untuk menangkal kekuatan strategi Rusia.

Para pejabat Amerika telah berulang kali membantah klaim Moskow itu. [sp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG