Tautan-tautan Akses

Ribuan Orang Hadiri Konvensi Zombie Atlanta


Kue zombie pada konvensi Walker Stalker di Atlanta, Georgia. (VOA/Marissa Melton)

Kue zombie pada konvensi Walker Stalker di Atlanta, Georgia. (VOA/Marissa Melton)

Budaya zombie sedang mengalami kebangkitan dalam kebudayaan pop, terutama lewat film seri 'The Walking Dead'.

Ribuan orang berkumpul di Atlanta, Georgia, baru-baru ini untuk menghadiri sebuah konvensi yang diselenggarakan sebagai penghormatan untuk mayat berjalan: zombie pada umumnya dan karakter-karakter di acara televisi The Walking Dead pada khususnya.

Konvensi ini merupakan yang acara pertama yang diorganisir oleh dua orang yang memproduksi acara dua mingguan dalam bentuk podcast berjudul Walker Stalkers, yang merayakan segala hal yang berhubungan dengan The Walking Dead, termasuk lokasi pasca-kiamat di Atlanta dan lingkungan sekitarnya di negara bagian tenggara AS itu.

Para aktor dari acara ini memberikan tanda tangan, berfoto dan menjawab pertanyaan-pertanyaan para penggemar.

Aktor utama Andrew Lincoln, yang bermain sebagai sheriff Rick Grimes, muncul dalam penampilan publik yang jarang dilakukan.

Karakternya memimpin sekelompok kecil manusia yang membela diri dan tempat tinggal mereka di dalam penjara yang terbengkalai, melawan zombie-zombie pemburu yang dikenal dalam acara tersebut sebagai "walkers."

Seorang pria memegang boneka zombie di konvensi Walker Stalker di Atlanta, Georgia. (VOA/Marissa Melton)

Seorang pria memegang boneka zombie di konvensi Walker Stalker di Atlanta, Georgia. (VOA/Marissa Melton)

Lincon, yang berasal dari Inggris, tertarik dengan peran tersebut karena tidak seperti yang pernah ditawarkan sebelumnya.

Beberapa penggemar di konvensi itu berpakaian seperti karakter-karakter manusia dalam serial tersebut, sementara yang lainnya berkostum zombie.

Mereka berkeliaran melalui lorong-lorong di antara kios-kios yang menawarkan aneka barang, termasuk patung zombie dan boneka zombie yang dapat mengeluarkan suara.

Budaya zombie sedang mengalami kebangkitan dalam budaya pop. Meski beberapa tertarik dengan kekerasan dan darah, namun serial televisi tersebut dianggap menarik karena memiliki ciri khas film koboy lama.

Bagi Robyn Gerris dari Vancouver, British Columbia, dunia The Walking Dead merupakan kesempatan untuk memulai sesuatu kembali.

"Dunia perlu diatur ulang (reset)," ujarnya, menggambarkan dunia sebagai tempat dimana konsumerisme sudah tak terkendali dan kurangnya perhatian untuk kesejahteraan manusia. Ia mengatakan ia menyukai ide untuk kembali ke kebutuhan dasar untuk mempertahankan hidup: makanan, tempat tinggal dan persahabatan.

Penyelenggara konvensi James Frazier dan Eric Nordhoff menayangkan podcast dua mingguan berjudul Walker Stalkers. Karena acara tahun ini menarik perhatian besar, mereka telah mengumumkan penyelenggaraan tidak hanya satu tapi dua konvensi Walker Stalker pada 2014.
XS
SM
MD
LG