Tautan-tautan Akses

Raja Spanyol Minta Rajoy Bentuk Pemerintahan Baru


Penjabat Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy, menghadiri sidang parlemen Spanyol di Madrid (19/7). (AP/Francisco Seco)

Penjabat Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy, menghadiri sidang parlemen Spanyol di Madrid (19/7). (AP/Francisco Seco)

Spanyol telah dipimpin pemerintahan sementara selama berbulan-bulan, sambil menunggu hasil perundingan dan kemungkinan pemilu ketiga musim gugur mendatang.

Raja Spanyol Felipe telah meminta penjabat Perdana Menteri Mariano Rajoy untuk kembali berusaha membentuk sebuah pemerintahan setelah pemilihan umum gelombang kedua yang tidak menghasilkan pemenang dalam waktu enam bulan.

Rajoy menerima mandat itu Kamis (28/7), tetapi ia memperingatkan akan kemungkinan kegagalan jika partai-partai oposisi menolak mendukung dirinya.

Partai Populer yang dipimpinnya, sebuah partai konservatif, kehilangan suara mayoritas absolut dalam pemilihan Desember, tetapi tetap merupakan partai terbesar. Partai ini memenangkan pemilihan bulan Juni dengan 137 kursi dari total 350, tetapi tidak mencapai mayoritas absolut.

Spanyol telah dipimpin pemerintahan sementara selama berbulan-bulan, sambil menunggu hasil perundingan dan kemungkinan pemilu ketiga musim gugur mendatang. [jm]

XS
SM
MD
LG