Tautan-tautan Akses

Putra Mantan PM Pakistan yang Diselamatkan Tiba di Lahore


Ali Haider Gilani bersama saudara-saudaranya di Lahore, Pakistan (11/5).

Ali Haider Gilani bersama saudara-saudaranya di Lahore, Pakistan (11/5).

Putra mantan perdana menteri Pakistan pulang dari Afghanistan, Rabu, satu hari setelah ia diselamatkan dari para penculiknya yang terkait dengan al-Qaida dalam sebuah operasi militer.

Sebuah pesawat khusus Pakistan membawa Ali Haider Gilani pulang dari Kabul dan mendarat di sebuah bandara di Lahore, Pakistan timur, di mana keluarganya menyambut di tengah-tengah penjagaan keamanan yang ketat.

Ratusan pendukung dan sanak kerabat menyambut kedatangannya di rumah kediaman keluarganya sewaktu ia pulang setelah tiga tahun dalam penahanan. Mereka menyiram mobil yang membawa Gilani dengan lembaran-lembaran kelopak bunga mawar.

Televisi Pakistan menayangkan secara langsung perjalanan iring-iringan kendaraan yang mengantar Gilani dari bandara.

Gilani diculik dengan todongan senjata pada sebuah kampanye pemilu di kota yang menjadi kampung halamannya, Multann, tiga tahun lalu, untuk kemudian dilarikan melintasi perbatasan Afghanistan.

Sebuah operasi komando kontra-terorisme gabungan AS dan Afghanistan menyelamatkan Gilani dari sebuah tempat persembunyian al-Qaida di propinsi Paktika yang berbatasan dengan Pakistan dalam serangan sebelum subuh hari Selasa.

Menurut sejumlah pejabat AS dan Afghanistan, Gilani kemudian diserahkan ke pangkalan militer Bagram yang dikontrol AS untuk menjalani pemeriksaan medis dan menginap semalam. [ab/as]

XS
SM
MD
LG