Tautan-tautan Akses

Putera Mantan PM Pakistan Raza Gilani Diculik


Ali Haider Gilani, putera mantan PM Pakistan, Yusuf Raza Gilani, diculik di pinggiran kota Multan, provinsi Punjab, Kamis (9/5).

Ali Haider Gilani, putera mantan PM Pakistan, Yusuf Raza Gilani, diculik di pinggiran kota Multan, provinsi Punjab, Kamis (9/5).

Kawanan bersenjata menculik putera mantan perdana menteri Pakistan pada hari terakhir kampanye sengit untuk sebuah pemilu bersejarah.

Para pelakunya menculik Ali Haider Gilani dalam tembak menembak di pinggiran kota Multan di provinsi Punjab hari Kamis. Putera Yousuf Raza Gilani usia 27 tahun mencalonkan diri untuk menduduki kursi DPRD di distrik itu. Ayahnya tidak hadir pada acara itu.

Ketika berbicara kepada wartawan di rumahnya di Multan, mantan perdana menteri Gilani mengatakan dua pengawal puteranya tewas karena melindunginya tapi ia tidak mengetahui apakah puteranya cedera.

Ia mendesak seluruh pendukung partainya agar tetap tenang dan berpartisipasi dalam pemilu itu.

Meskipun belum mengatakan bertanggung jawab atas penculikan itu, Taliban telah menjadikan Partai Rakyat Pakistan pimpinan Gilani, juga partai sekuler dan keagamaan lainnya sebagai sasaran semasa kampanye itu sebelum pemilu hari Sabtu. Militan telah menewaskan 100 orang lebih dan mencederai yang lainnya sejak bulan April.

Taliban hari Kamis mengumumkan telah menyebar sejumlah pengebom bunuh diri untuk melancarkan serangan menjelang hari pemilu, yang merupakan serah terima pertama dari satu pemerintahan sipil ke pemerintahan sipil lainnya dalam sejarah Pakistan.
XS
SM
MD
LG