Tautan-tautan Akses

Putin Tuduh Barat Ingin Kacaukan Rusia


Presiden Vladimir Putin hari Kamis (26/3) menuduh Barat berusaha untuk mengacaukan negaranya.

Presiden Vladimir Putin hari Kamis (26/3) menuduh Barat berusaha untuk mengacaukan negaranya.

Presiden Vladimir Putin hari Kamis (26/3) menuduh negara-negara Barat berusaha untuk mengacaukan Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin hari Kamis (26/3) mengatakan kepada pejabat senior keamanan bahwa Rusia harus makin kuat dan menuduh pihak Barat berusaha untuk “mengacaukan” negara itu.

Berbicara kepada para pejabat senior Badan Keamanan Federal (FSB), kantor keamanan utama Rusia, Putin mengatakan ia mengharapkan situasi internasional termasuk di sekitar Rusia akan membaik.

Ia mengatakan situasi akan berubah menjadi lebih baik bukan karena Rusia selalu memberi, mengalah atau terlampau lunak dengan seseorang. Situasi akan berubah menjadi lebih baik kalau Rusia lebih kuat.

Menyinggung hubungan negaranya yang tegang dengan pihak Barat Presiden Putin mengatakan “kebijakan independen” Rusia dan “upaya untuk membantu rakyat yang memerlukan termasuk di Ukraina” telah membangkitkan “rasa jengkel dari pihak yang biasanya dikatakan oleh Rusia dianggap rekan dan mitra.”

Rusia menganeksasi semenanjung Krimea dari Ukraina setahun yang lalu dan mendukung separatis di bagian timur negara itu. Sebagai tanggapan Amerika dan Uni Eropa telah menjatuhkan sanksi-sanksi terhadap pejabat dan pengusaha Rusia.

Putin juga menuduh badan-badan intelijen Barat terus menggunakan “ organisasi masyarakat, non pemerintah dan asosiasi-asosiasi yang dipolitisir” di Rusia untuk “menjatuhkan pemerintah dan mengacaukan situasi di dalam negeri”. Ia menambahkan bahwa “tindakan-tindakan sedang dirancang” untuk masa menjelang pemilu parlemen Rusia berikutnya tahun 2016 dan pemilu presiden tahun 2018.

Setelah demonstrasi-demonstrasi anti Kremlin tahun 2012, Putin mengesahkan UU yang mewajibkan organisasi-organisasi non pemerintah yang dianggap terlibat dalam “kegiatan politik” untuk mendaftarkan diri pada Kementrian Kehakiman sebagai agen-agen asing” dan menyampaikan laporan setiap tiga bulan sekali.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG