Tautan-tautan Akses

Putin: Rusia akan Jadi Jembatan Perdagangan Asia-Eropa


Presiden Rusia Vladimir Putin pada acara KTT APEC di Vladivostok, Rusia (7/9).

Presiden Rusia Vladimir Putin pada acara KTT APEC di Vladivostok, Rusia (7/9).

Presiden Rusia Vladimir Putin berkata demikian hari Jumat (7/9) di Vladivostok, tempat berlangsungnya KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC).

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada para pemimpin perusahaan dari wilayah Asia-Pasifik bahwa Rusia ingin menyediakan jembatan antara Asia dan Eropa untuk meningkatkan perdagangan regional.

Putin berkata demikian hari Jumat di Vladivostok – tempat KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC). Dia mengatakan Rusia ingin memperbaiki prasarana transportasinya untuk menghubungkan kedua kawasan. Dia menambahkan Rusia ingin memperbaiki lingkungan bisnisnya dan menjadi satu dari 20 negara dengan ekonomi terbaik di dunia.

Rusia menjadi tuan rumah KTT APEC, yang diperkirakan untuk menegaskan upaya memperkuat kembali pertumbuhan ekonomi regional dan global. Forum beranggotakan 21-negara itu mewakili 40 persen populasi, 54 persen produksi ekonomi dan 44 persen perdagangan dunia.

Menlu Amerika Hillary Clinton menghadiri pertemuan itu mewakili Amerika. Ia tiba di Vladivostok Jumat malam setelah menyelesaikan lawatan ke enam negara Asia.

Selagi di Rusia, Menteri Clinton juga diperkirakan akan bertemu dengan Presiden Putin untuk membahas pandangan tentang bagaimana menghentikan pertumpahan darah di Suriah, di mana pasukan pemerintah terlibat dalam pertempuran 18-bulan melawan pemberontak. Amerika menginginkan digulingkannya Presiden Suriah Bashar al-Assad, sementara Rusia menentang setiap intervensi asing.
XS
SM
MD
LG