Tautan-tautan Akses

Prokhorov Umumkan Pencalonan sebagai Presiden Rusia


Miliarder Rusia, Mikhail Prokhorov (kanan) saat mengumumkan pencalonan di Moskow untuk maju sebagai Presiden Rusia menantang PM Putin (12/12).

Miliarder Rusia, Mikhail Prokhorov (kanan) saat mengumumkan pencalonan di Moskow untuk maju sebagai Presiden Rusia menantang PM Putin (12/12).

Pengusaha Rusia Mikhail Prokhorov hari Senin mengumumkan pencalonannya menantang Perdana Menteri Vladimir Putin dalam pemilihan presiden Maret mendatang.

Mikhail Prokhorov, miliarder Rusia yang belum menikah dan merupakan orang ketiga terkaya di Rusia, mengatakan dalam jumpa pers di Moskow, bahwa keputusannya bersaing dalam pemilu adalah yang terpenting dalam hidupnya. Prokhorov yang berusia 46 tahun juga adalah pemilik klub bolabasket NBA Amerika, New Jersey Nets.

Beberapa blok dari tempat jumpa pers Prokhorov, sebuah reli untuk Hari Konstitusi dekat tembok Kremlin berubah menjadi reli pro-Putin yang diikuti ribuan pendukung.

Kekuatan Perdana Menteri Putin melemah ditengah-tengah demonstrasi massal diseluruh negeri menentang hasil pemilu parlemen tanggal 4 Desember yang menurut pihak oposisi dipenuhi kecurangan untuk menguntungkan Partai Rusia Bersatu yang berkuasa milik Putin.

Puluhan ribu orang berdemonstrasi hari Sabtu di Moskow menuntut pemilu ulang. Protes anti-pemerintah itu salah satu yang terbesar di Rusia sejak tahun 1990an.

Putin bersaing untuk meraih kembali posisi presiden yang pernah dijabatnya tahun 2000-2008 dan menunjuk penerusnya, Dmitry Medvedev, sebagai perdana menteri. Usaha pertukaran posisi itu membuat marah banyak rakyat Rusia.

XS
SM
MD
LG