Tautan-tautan Akses

Medvedev Umumkan Sidang Pertama Parlemen Baru Rusia


Presiden Rusia Dmitry Medvedev (kanan) berbicara dengan para pemimpin partai politik yang meraih kursi di parlemen Rusia dalam pemilu lalu (13/12).

Presiden Medvedev mengumumkan sidang pertama parlemen yang baru terpilih meskipun ada tuduhan kecurangan selama pemilu awal bulan ini.

Presiden Rusia Dmitry Medvedev hari Selasa (13/12) mengatakan kepada para pemimpin partai yang memenangkan kursi dalam majelis rendah bahwa sidang pertama akan diadakan 21 Desember.

Pengumuman Medvedev itu menyusul protes anti pemerintah berskala nasional terhadap pemilu 4 Desember yang kata pihak oposisi dan pengamat dicurangi sehingga menguntungkan Partai Rusia Bersatu.

Para demonstran minta hasil pemilu resmi dibatalkan dan diadakan pemilu baru. Medvedev sebelumnya mengatakan keluhan mengenai pelanggaran pemilu harus diperiksa secara seksama oleh pengadilan dan pejabat pemilu.

Hari Selasa pemilik penerbitan Kommersant Publishing, Alisher Usmanov memecat seorang editor dan seorang manajer senior berkaitan dengan apa yang disebutnya pelanggaran etik peliputan pemilu pada majalah mingguan Kommersant Vlast. Usmanov memecat editor majalah itu Maxim Kovalsky, dan direktur jendral perusahaan itu Andrei Galiyev.

Perdana Menteri Vladimir Putin akan menjadi calon Partai Rusia Bersatu dalam pemilu presiden bulan Maret. Sergei Mironov, pemimpin partai sosial demokrasi Keadilan Rusia, dan taipan Rusia Mikhail Prokhorov mengatakan akan menjadi penantang Putin.

XS
SM
MD
LG