Tautan-tautan Akses

Presiden Putin akan Absen dari KTT G8 di Camp David


Alma, Kibler ve Denning, Arkansas
Alma, Kibler ve Denning, Arkansas

Presiden Rusia Vladimir Putin akan digantikan oleh Perdana Menteri Dmitry Medvedev untuk mewakili Rusia dalam pertemuan G-8 di Camp David.

Presiden Rusia yang baru dilantik Vladimir Putin tidak akan menghadiri pertemuan puncak G-8 pekan depan di tempat peristirahatan presiden Amerika, Camp David, di sebelah utara Washington.

Menurut Gedung Putih, Putin mengatakan kepada Presiden Obama melalui telepon, Rabu (9/5) bahwa ia mempunyai tanggung jawab untuk tetap berada di Moskow untuk merampungkan pengangkatan anggota kabinet pemerintahan barunya.

Mantan presiden yang beralih menjadi Perdana Menteri Dmitry Medvedev akan menghadiri pertemuan puncak G-8 itu untuk menggantikan Putin. Gedung Putih mengatakan Putin telah setuju untuk bertemu dengan Obama dalam pertemuan puncak G-20 bulan depan di Mexico.

Gedung Putih mengatakan kedua presiden juga membicarakan tentang rencana untuk memperkuat kemitraan Amerika-Rusia. Gedung Putih mengatakan mereka meninjau kembali pencapaian dalam tiga tahun ini, termasuk persetujuan pengawasan senjata START yang baru yang menggantikan perjanjian Perang Dingin yang sudah habis berlakunya.

Presiden Obama menelpon Presiden Putin saat Rusia memperingati ulang tahun ke-67 kekalahan Nazi Jerman dan berakhirnya Perang Dunia Kedua di Eropa.

Presiden Putin dilantik hari Senin untuk masa jabatan ke-3 sebagai presiden Rusia, dengan bertukar jabatan dengan Medvedev, yang sekarang menjabat sebagai Perdana Menteri.

Recommended

XS
SM
MD
LG