Tautan-tautan Akses

Polisi Tangkap Lebih Banyak Aktivis Oposisi di Moskow


Polisi Rusia menahan seorang aktivis oposisi dalam unjuk rasa di Moskow (9/5).

Polisi Rusia menahan seorang aktivis oposisi dalam unjuk rasa di Moskow (9/5).

Polisi di Moskow telah menangkap puluhan aktivis oposisi yang hendak menyelenggarakan rapat umum menentang pelantikan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Kantor berita Rusia RIA Novosti melaporkan penangkapan itu terjadi hari Rabu di dekat Kremlin.

Polisi Moskow bersikap tegas pada anggota-anggota kelompok oposisi pekan ini, dimulai dengan penangkapan ratusan orang menjelang pelantikan Vladimir Putin hari Senin, untuk masa jabatan ketiga yang bersejarah sebagai presiden.

Dua pemimpin kelompok oposisi berpengaruh mengatakan mereka dijatuhi hukuman penjara 15 hari karena peran mereka dalam demonstrasi menentang kembalinya Vladimir Putin ke Kremlin.

Blogger kelompok oposisi terkenal Alexei Navalny dan koordinator gerakan Front Sayap Kiri Sergei Udaltsov ditangkap Selasa malam bersama puluhan aktivis lain yang ikut serta dalam demonstrasi di dekat Kremlin. Keduanya dituduh melanggar aturan-aturan tentang penyelenggaraan demonstrasi dan pawai.

Penangkapan mereka terjadi menjelang parade Hari Kemenangan Rusia, yang memperingati kekalahan NAZI Jerman oleh Rusia pada tahun 1945 dalam Perang Dunia Kedua.
XS
SM
MD
LG