Tautan-tautan Akses

Presiden Putin Rayakan Natal Ortodoks Rusia dengan Kunjungan Mendadak


Presiden Rusia Vladimir Putin (tengah) menghadiri misa Natal Ortodoks di desa Turginovo, 150 kilometer, Rusia (6/1).

Presiden Rusia Vladimir Putin (tengah) menghadiri misa Natal Ortodoks di desa Turginovo, 150 kilometer, Rusia (6/1).

Umat Kristen Ortodoks Timur, yang kebanyakan tinggal di Rusia, Eropa Timur, dan Yunani, menggunakan kalender lama Julius dan merayakan hari besar keagamaan itu 13 hari setelah umat Kristen non-Ortodoks.

Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan kunjungan mendadak ke sebuah gereja Rusia di kawasan Tver hari Rabu, untuk merayakan Malam Natal di Gereja Kristen Ortodoks.

Umat Kristen Ortodoks Timur, yang kebanyakan tinggal di Rusia, Eropa Timur, dan Yunani, menggunakan kalender lama Julius dan merayakan hari besar keagamaan itu 13 hari setelah umat Kristen non-Ortodoks.

Sementara jemaat mungkin terkejut atas kehadiran presiden yang tak terduga di tengah-tengah mereka hari Rabu, Putin tampak tenang dan penuh perhatian sewaktu menyalakan lilin dan ikut berdoa di Gereja Bunda Maria di Turginovo, di mana orang tuanya dibaptis lebih dari satu abad silam. Ia difoto dengan dikelilingi anak-anak dan lilin saat ambil bagian dalam kebaktian tengah malam.

Putin, yang biasanya merayakan Paskah di Moskow namun keluar kota untuk mengikuti kebaktian Natal, terakhir kali mengunjungi gereja ini pada tahun 2011. Gereja itu terletak sekitar 200 kilometer sebelah barat laut Moskow.

Sebelumnya, presiden ambil bagian dalam pertandingan hoki es di Sochi, yang pernah menjadi tempat berlangsungnya Olimpiade musim dingin.

Kebaktian Natal Ortodoks juga berlangsung di Georgia, Serbia, Yunani, dan di Betlehem, Palestina, yang diyakini umat Kristen sebagai kota kelahiran Yesus. [uh]

XS
SM
MD
LG