Tautan-tautan Akses

Presiden Morsi Dapat Sambutan Permadani Merah di Teheran


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyambut President Mesir Mohammed Morsi dalam pembukaan KTT Gerakan Non Blok di Teheran (30/8).

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyambut President Mesir Mohammed Morsi dalam pembukaan KTT Gerakan Non Blok di Teheran (30/8).

Presiden Mesir Mohamed Morsi telah tiba di Teheran yang membuatnya pemimpin Mesir yang pertama berkunjung ke Iran sejak revolusi Islam tahun 1979.

Televisi negara Iran menunjukkan penyambutan permadani merah bagi Presiden Mesir Mohamed Morsi, dalam siaran langsung hari Kamis dari bandara Mehrabad, Teheran. Morsi akan menghadiri pertemuan puncak Gerakan Non-blok yang akan berakhir hari Jumat.

Iran memutuskan hubungan diplomatik tahun 1979 karena dukungan Mesir pada Shah yang digulingkan dan perjanjian perdamaian Mesir dengan Israel.

Morsi belum membahas masalah apakah hubungan dengan Iran akan ditingkatkan, hanya menjanjikan kebijakan luar negeri yang lebih berimbang.

Para pemimpin Iran menyambut baik revolusi Mesir tahun 2011 yang membawa Islamis Morsi ke puncak kekuasaan.

Dalam pertemuan puncak itu, pemimpin Mesir tersebut akan mengalihkan kepemimpinan bergilir Gerakan Non-Blok kepada Iran.

Gerakan Non-Blok adalah organisasi Perang Dingin yang dianggap menyediakan forum bagi negara-negara yang tidak bersekutu dengan Amerika atau Uni Soviet. Tetapi, sejak Uni Soviet bubar tahun 1991, organisasi itu telah mengalami kesulitan untuk mendapat pengaruh dan menentukan identitasnya.
XS
SM
MD
LG