Tautan-tautan Akses

Tiongkok Tawarkan Kredit Bank dan Mobil Polisi pada Mesir


Presiden Mesir Mohammed Morsi diterima oleh Presiden Tiongkok Hu Jintao dalam kunjungannya di Beijing (28/8).

Presiden Mesir Mohammed Morsi diterima oleh Presiden Tiongkok Hu Jintao dalam kunjungannya di Beijing (28/8).

Presiden Mesir Mohammed Morsi mendapat janji-janji dukungan Tiongkok itu hari Selasa setibanya di Beijing dalam lawatan pertamanya ke luar Arab sejak menjabat Juni lalu.

Tiongkok telah melakukan beberapa pendekatan terhadap presiden Mesir yang sedang berkunjung untuk membantunya meningkatkan perekonomian Mesir yang sedang terpuruk dengan menawarkan kredit bagi sebuah bank besar Mesir dan menyediakan mobil-mobil polisi untuk pasukan keamanan negara itu.

Presiden Mesir Mohammed Morsi mendapat janji-janji dukungan Tiongkok itu hari Selasa setibanya di Beijing dalam lawatan pertamanya ke luar Arab sejak menjabat bulan Juni lalu. Morsi bertemu dengan Presiden Tiongkok Hu Jintao sebelum kedua pemimpin itu menyaksikan penandatanganan beberapa perjanjian ekonomi.

Berdasarkan kesepakatan itu, Tiongkok akan menawarkan 200 juta dolar dalam bentuk kredit bagi Bank Nasional Mesir dan menyediakan 300 kendaraan bagi polisi Mesir. Delegasi yang terdiri dari 80 pemimpin bisnis Mesir juga berada di Beijing untuk membahas proyek-proyek investasi dengan rekannya dari Tiongkok.

Perekonomian Mesir terpuruk karena lambannya perekonomian global dan ketidak stabilan politik selama 18 bulan sejak pergolakan populer pada bulan Februari 2011 yang menumbangkan presiden otoriter Hosni Mubarak.
XS
SM
MD
LG