Tautan-tautan Akses

Media Mesir Sambut Baik ‘Perombakan Revolusioner’ di Kalangan Militer


Presiden Mesir Mohammed Morsi (tengah) memberhentikan Menteri Pertahanan Hussein Tantawi (kiri) dan Kepala Staf militer Sami Anan (kanan) hari Minggu 12/8 (foto: dok).

Presiden Mesir Mohammed Morsi (tengah) memberhentikan Menteri Pertahanan Hussein Tantawi (kiri) dan Kepala Staf militer Sami Anan (kanan) hari Minggu 12/8 (foto: dok).

Media-media Mesir menyambut baik keputusan Presiden Mohamed Morsi membatasi wewenang militer dan menyebut perombakan di kalangan militer sebagai revolusioner.

Media-media Mesir menyambut baik keputusan revolusioner Presiden Mohamed Morsi untuk membubarkan kementerian pertahanan yang pernah sangat berkuasa dan membatasi wewenang militer.

Hari Minggu, Morsi memerintahkan Menteri Pertahanan Mohammed Hussein Tantawi – pejabat dari masa pemerintahan presiden terguling Hosni Mubarak agar pensiun, bersama-sama dengan kepala staf militer Sami Enan.

Presiden Morsi juga membatalkan deklarasi konstitusional yang telah memberi Tantawi serta para pejabat tinggi militer lain kewenangan yang luas.

Langkah ini diambil setelah meningkatnya ketegangan pasca operasi militer di Sinai Utara, setelah serangan baru-baru ini oleh kelompok militan yang menewaskan 17 tentara Mesir. Hubungan Presiden Mohammed Morsi dan Menhan Hussein Tantawi dilaporkan tegang dan keduanya tidak tersenyum ketika mereka bersama-sama mengunjungi Sinai baru-baru ini.

Morsi mengatakan bahwa ia tidak bermaksud mempermalukan lembaga-lembaga tersebut, dan bahwa keputusannya adalah demi kepentingan Mesir serta rakyatnya.

Pihak Militer belum memberi reaksi terbuka mengenai keputusan-keputusan Presiden Morsi.
XS
SM
MD
LG