Tautan-tautan Akses

Presiden Mesir: Jangan Berspekulasi Mengenai Kejatuhan EgyptAir


Pesawat EgyptAir MS804 setipe dengan yang tampak dalam gambar (foto: REUTERS/Yiannis Kourtoglou)

Pesawat EgyptAir MS804 setipe dengan yang tampak dalam gambar (foto: REUTERS/Yiannis Kourtoglou)

Media diingatkan oleh Presiden Mesir al-Sissi untuk tidak berspekulasi mengenai sebab jatuhnya Egypt Air. Ia berjanji segera setelah penyelidik mendapat jawabannya, publik akan diberitahu.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sissi memperingatkan media hari Minggu agar jangan berspekulasi mengenai apa yang menjatuhkan pesawat EgyptAir penerbangan 804 itu, dan mengatakan semua kemungkinan sedang dipertimbangkan.

“Sampai sekarang semua skenario adalah mungkin. Jadi, sangat penting bagi kita agar jangan berbicara dan mengatakan ada skenario tertentu,” katanya dalam ucapan terbuka pertamanya sejak kejatuhan pesawat itu hari Kamis.

Dalam pidatonya kepada para menteri dan anggota parlemen pada pembukaan pabrik pupuk di Damietta, Sisi mengatakan penyelidikan dapat memakan waktu yang lama, tetapi mengatakan segera setelah penyelidik mendapat jawabannya, umum akan diberitahu.

EgyptAir penerbangan MS804 jatuh ke Laut tengah dalam penerbangan ke Kairo dari Paris, yang menewaskan ke-66 orang di dalamnya. Para penyelidik mengatakan hari Sabtu bahwa asap terdeteksi dalam kabin beberapa menit sebelum pesawat itu jatuh, walaupun sinyal itu tidak memberi indikasi mengenai apa yang menyebabkan kebakaran.

Menteri Penerbangan Mesir, Sherif Fathy, telah mengatakan serangan teroris adalah penyebab yang lebih mungkin kejatuhan itu daripada kegagalan teknis. Tetapi, belum ada indikasi yang jelas muncul mengenai apa yang menjatuhkan pesawat itu. Belum ada kelompok militan yang telah mengaku melakukan serangan. [gp]

XS
SM
MD
LG