Tautan-tautan Akses

Presiden Afghanistan Bertemu Kepala Keamanan Iran


Presiden Afghanistan Hamid Karzai menerima pejabat Iran di Kabul hari Sabtu 5/1 (foto: dok).

Presiden Afghanistan Hamid Karzai menerima pejabat Iran di Kabul hari Sabtu 5/1 (foto: dok).

Presiden Afghanistan Hamid Karzai telah bertemu direktur Dewan Keamanan Iran di Kabul hari Sabtu (5/1), dua hari sebelum Karzai berangkat ke Amerika.

Pembicaraan hari Sabtu dengan Sayeed Jaleeli itu terjadi dua hari sebelum Presiden Afghanistan Hamid Karzai berangkat ke Washington, di mana ia akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Amerika Barack Obama.

Dalam pertemuan di Kabul itu, Presiden Karzai mengatakan, Afghanistan dan Iran adalah dua negara bersaudara yang berbagi bahasa dan budaya serta memiliki nasib yang sama.

Jaleeli mengatakan hubungan antara Afghanistan dan Iran baik, dan bahwa kedua negara memiliki kesamaan sejarah dan budaya. Ia menyatakan, Iran menginginkan hubungan bilateral itu menjadi lebih kuat.

Presiden Karzai dan Jaleeli bertemu di istana kepresidenan di ibukota Afghanistan untuk membahas perluasan hubungan bilateral, kerjasama ekonomi dan politik, serta situasi di wilayah tersebut.

Karzai dan Jaleeli juga sepakat meluncurkan perundingan tiga pihak dengan India. Mereka tidak mengungkap kapan pembicaraan itu akan berlangsung.
XS
SM
MD
LG