Tautan-tautan Akses

Afghanistan Sambut Baik Pembebasan Taliban oleh Pakistan


Pemerintah Pakistan membebaskan 8 orang tahanan Taliban asal Afghanistan (foto: dok).

Pemerintah Pakistan membebaskan 8 orang tahanan Taliban asal Afghanistan (foto: dok).

Afghanistan menyambut baik pembebasan delapan tahanan Taliban asal Afghanistan sebagai sebuah langkah penting dalam proses perdamaian tersebut.

Juru bicara presiden Afghanistan Hamid Karzai, hari Selasa memberitahu para wartawan di Kabul bahwa pemerintah berharap pembebasan itu akan mendorong Taliban lainnya untuk berunding dengan pemerintah Afghanistan.

Pakistan mengatakan diantara yang dibebaskan termasuk mantan Menteri Kehakiman Afghanistan Mullah Nooruddin Turabi dan gubernur provinsi Helmand Abdul Bari juga dua mantan gubernur Taliban lainnya serta mantan menteri pemerintah Taliban lainnya.

Turabi sebelumnya adalah menteri kehakiman dibawah kekuasaan Taliban di Afghanistan pada akhir 1990-an. Ia dikatakan dalam keadaan sakit. PBB mengatakan Turabi ditunjuk sebagai komandan militer Taliban di Afghanistan pada pertengahan tahun 2009 dan seorang wakil Mullah Omar, pemimpin tertinggi Taliban.

Kementrian luar negeri Pakistan hari Senin mengatakan para tahanan itu dibebaskan “untuk memfasilitasi lebih jauh proses rekonsiliasi Afghanistan” itu.

Anggota-anggota senior Dewan Tinggi Perdamaian Afghanistan juga menyambut baik pembebasan itu. Ismail Qasemyar mengatakan kepada sejumlah kantor berita tindakan itu, merupakan sebuah langkah bermanfaat dan praktis ke arah yang tepat dan mengatakan ia berharap Pakistan akan membebaskan tahanan-tahanan Taliban dalam jumlah yang lebih banyak lagi.
XS
SM
MD
LG