Tautan-tautan Akses

Presiden Brazil Unggul dalam Pilpres Namun Tak Raih Mayoritas


Presiden Brazil Dilma Rousseff di TPS Port Alegre (5/10). (Reuters/Paulo Whitaker)

Presiden Brazil Dilma Rousseff di TPS Port Alegre (5/10). (Reuters/Paulo Whitaker)

Rouseff memperoleh sedikit di atas 40 persen suara, sementara Aecio Neves, Social Demokrat yang pro-dunia usaha, memperoleh kira-kira 34 persen.

Presiden Brazil Dilma Rousseff telah meraih kedudukan teratas dalam pemilihan presiden, tetapi dia gagal memenangkan mayoritas mutlak untuk menghindari pemilihan babak kedua bulan ini.

Setelah hampir semua suara dihitung, Rouseff memperoleh sedikit di atas 40 persen suara, sementara Aecio Neves, Social Demokrat yang pro-dunia usaha, memperoleh kira-kira 34 persen. Pemilihan babak kedua akan diadakan 26 Oktober.

Presiden Rousseff mendapat dukungan golongan pekerja Brazil karena besarnya anggaran program tunjangan sosial Brazil yang diprakarsai dalam dua masa jabatan oleh pendahulunya yang sangat populer Luiz Inacio Lula da Silva.

Mantan menteri lingkungan hidup Marina Silva, yang pada Augustus unggul jauh dalam poll, gagal menerjemahkannya menjadi perolehan suara.

Partisipasi dalam pemilihan umum adalah wajib di Brazil, dan setiap orang berusia 18 sampai 70 tahun diharuskan turut memilih.

XS
SM
MD
LG