Tautan-tautan Akses

Brazil Selenggarakan Pemilihan Presiden


Seorang pria memberikan suaranya dalam pemilihan id TPS Sao Bernardo do Campo, dekat Sao Paulo, Brazil, 5 Oktober 2014.

Seorang pria memberikan suaranya dalam pemilihan id TPS Sao Bernardo do Campo, dekat Sao Paulo, Brazil, 5 Oktober 2014.

Jutaan rakyat Brazil pergi ke tempat-tempat pemungutan suara hari Minggu (5/10) ini untuk memberikan suara dalam pemilihan presiden yang diduga akan berujung pada kampanye dan pemilihan putaran kedua.

Menurut para analis, Presiden Dilma Rousseff, yang mengupayakan masa jabatan kedua, dipandang akan memperoleh suara terbanyak pemilu hari Minggu, tetapi mungkin tidak akan memenangkan mayoritas mutlak yang diperlukan untuk menghindari pemilihan putaran kedua.

Rousseff menghadapi dua pesaing utama. Marina Silva, seorang pahlawan gerakan konservasi global dan pembelot dari partai yang berkuasa dan sekarang menjadi anggota Partai Sosialis Brazil. Serta Aecio Neves dari Partai Sosial Demokrat, seorang senator dan mantan gubernur negara bagian.

Para pengecam mengatakan, Presiden Rousseff dapat mengandalkan dukungan kelas pekerja Brazil, berkat program kesejahteraan sosial berlimpah yang diprakarsai dalam dua masa jabatan pendahulunya yang sangat popular dan bapak pelindung politik Brazil, Luiz Lula da Silva.

XS
SM
MD
LG