Tautan-tautan Akses

Presiden Afsel: 'Tidak Ada Bukti' Suap dalam Transaksi Senjata


Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma (Foto: dok)

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma (Foto: dok)

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengatakan tidak ada “pengaruh yang tidak pantas atau tidak semestinya” dalam transaksi senjata oleh pemerintah pada akhir tahun 1990-an.

Zuma, yang pernah dikaitkan dengan tuduhan sekitar Paket Pengadaan Senjata Strategis, yang dikenal sebagai kasus “transaksi senjata”, mengeluarkan pernyataan itu hari Kamis di TV nasional. Ia mengatakan sebuah komisi independen mendapati “tidak satu bukti kecilpun” ditemukan bahwa ada pejabat yang terlibat dalam transaksi itu yang menerima suap.

Zuma pada tahun 2005 dikenai sebagian dari 780 tuduhan korupsi terkait transaksi tersebut. Tuduhan itu dibatalkan tiga tahun kemudian, dan Zuma, yang dipecat sebagai wakil Presiden Thabo Mbeki, menjadi ketua Kongres Nasional Afrika dan dipilih sebagai presiden pada tahun 2009.

Sebelumnya bulan ini, parlemen Afrika Selatan memulai perdebatan mengenai apakah akan memakzulkan Presiden Zuma terkait putusan Mahkamah Konstitusi bahwa ia gagal mengembalikan dana publik yang digunakan untuk memperbaiki kediaman pribadinya. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG