Tautan-tautan Akses

Gunakan Anggaran Negara untuk Bangun Rumah, Presiden Afsel Minta Maaf


Presiden Afsel Jacob Zuma menyangkal melakukan kesalahan apapun (foto: dok).

Presiden Afsel Jacob Zuma menyangkal melakukan kesalahan apapun (foto: dok).

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma meminta maaf karena menggunakan lebih dari 20 juta dolar anggaran pemerintah untuk rumah pribadinya.

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma hari Jumat (1/4) meminta maaf karena menggunakan lebih dari 20 juta dolar anggaran pemerintah untuk rumah pribadinya, tapi tidak seperti yang diperkirakan sebagian orang ia tidak mengundurkan diri sebagai tanggung jawab atas tindakannya.

Dalam pidato yang disiarkan secara nasional di televisi Zuma mengatakan ia bertindak “dengan iktikad baik” dan menyangkal melakukan kesalahan apapun ketika ia menggunakan uang negara untuk membuat kolam renang dan amphitheater di rumah pribadinya.

“Saya ingin menekankan bahwa saya tidak pernah secara sengaja melanggar konstitusi, yang merupakan hukum tertinggi di republik ini,” kata Zuma.

Mahkamah Agung Afrika Selatan hari Kamis (31/3) mengeluarkan putusan bahwa Zuma melanggar konstitusi dengan mengabaikan badan anti korupsi yang menyarankan agar ia mengembalikan 20 juta dolar yang dipakai untuk perbaikan rumahnya.

Berdasarkan keputusan Mahkamah Agung itu, Departemen Keuangan negara itu akan memutuskan perbaikan mana di rumah Zuma yang terkait dengan keamanan dan akan memerintahkan Zuma untuk mengembalikan biaya pengeluaran lainnya seperti kolam renang dan pagar peternakan. [my/ds]

XS
SM
MD
LG