Tautan-tautan Akses

AS

Pramuka AS Galang Dana untuk Patung Perempuan Pertama di Central Park 


Siswi-siswi anggota pramuka di kota New York yang berkampanye untuk mendirikan patung perempuan di taman Central Park (6/10). (AP/ Verena Dobnik)

Siswi-siswi anggota pramuka di kota New York yang berkampanye untuk mendirikan patung perempuan di taman Central Park (6/10). (AP/ Verena Dobnik)

Mereka akan membangun satu monumen yang menggambarkan dua perempuan yang mendorong revolusi di Amerika, yakni Elizabeth Cady Stanton dan Susan B. Anthony.

Sekelompok pramuka perempuan atau Girl Scout di kota New York berupaya meningkatkan kesadaran publik dengan menggalang dana untuk pembangunan patung perempuan pertama di taman Central Park.

Kecuali patung karakter-karakter fiksi seperti Mother Goose dan Alice in Wonderland, ke-23 patung di taman terkenal itu semuanya untuk menghormati laki-laki.

“Tidak ada satu pun patung perempuan, padahal ada begitu banyak patung laki-laki," ujar Pippa Lee yang berusia 10 tahun, anggota Girl Scout Troop 3484 di Manhattan.

“Kami benar-benar memerlukan patung perempuan yang bisa menjadi contoh anak-anak perempuan, bukan sekedar Mother Goose atau Alice in Wonderland. Ini tidak masuk hitungan."

Anak-anak perempuan ini bersama sejumlah aktivis mengumpulkan uang untuk membangun satu monumen yang menggambarkan dua perempuan yang mendorong revolusi di Amerika, yakni tokoh yang mendukung hak pilih perempuan Elizabeth Cady Stanton dan Susan B. Anthony.

Sejauh ini telah terkumpul US$150 ribu dari $500 ribu yang dibutuhkan untuk membangun dan memelihara monumen tersebut.

Dalam satu pertemuan mingguan di Central Park, siswi-siswi kelas lima mengumpulkan $123 dari para pejalan kaki di dekat lokasi tempat patung perempuan pertama itu akan dibangun. Mereka meneriakkan kalimat “mana patung perempuan”. Bunga matahari terselip di rambut para siswi, melambangkan gerakan yang menuntut hak pilih bagi perempuan ketika berjuang di New York tahun 1848.

Pengumpulan dana ini diperkirakan berlangsung hingga musim dingin nanti. [em]

XS
SM
MD
LG