Tautan-tautan Akses

AS

Obama Tetapkan Monumen bagi Gerakan Kesetaraan Hak Perempuan 


Elizabeth Cady Stanton (kiri) dan Susan B. Anthony (kanan), Albumen silver print, karya Napoleon Sarony (Foto: dok).

Elizabeth Cady Stanton (kiri) dan Susan B. Anthony (kanan), Albumen silver print, karya Napoleon Sarony (Foto: dok).

Lokasi itu akan disebut Monumen Nasional Kesetaraan Perempuan Belmont-Paul. Nama itu untuk menghargai aktis dan pendukung hak memilih Alva Belmont, mantan presiden Partai Perempuan Nasional serta pendiri partai tersebut, Alice Paul.

Presiden Barack Obama menetapkan sebuah rumah bersejarah di Washington sebagai monumen untuk menghormati gerakan untuk memperjuangkan kesetaraan hak perempuan di Amerika.

Gedung Putih, Selasa (12/4) menyatakan langkah tersebut akan membantu melestarikan tempat penyimpanan arsip yang mendokumentasikan “sejarah, strategi, taktik dan berbagai pencapaian lain” gerakan untuk mendapatkan hak pilih dan hak yang setara bagi perempuan di Amerika dan tempat-tempat lainnya di dunia.

Lokasi itu akan disebut Monumen Nasional Kesetaraan Perempuan Belmont-Paul. Nama itu untuk menghargai aktivis dan pendukung hak pilih Alva Belmont, mantan presiden Partai Perempuan Nasional yang memperjuangkan kesetaraan, serta pendiri partai tersebut, Alice Paul.

Rumah Elizabeth Cady Stanton (NPS) (Foto: dok).

Rumah Elizabeth Cady Stanton (NPS) (Foto: dok).

​Lokasinya berada di tempat yang sebelumnya dikenal sebagai Sewall-Belmont House, yang mulai digunakan Partai Perempuan Nasional sebagai markasnya pada tahun 1929. Rumah utamanya dibangun pada tahun 1800 dan terletak di sebelah sebuah kantor Senat, satu blok dari gedung Mahkamah Agung Amerika. Di dalamnya tersimpan berbagai benda seperti meja ikon hak pilih perempuan Amerika, Susan B Anthony dan spanduk yang digunakan pada protes-protes awal untuk menuntut agar perempuan diizinkan memilih.

Kaum perempuan akhirnya memperoleh hak pilih pada tahun 1920 dengan diratifikasinya Amendemen ke-19 Konstitusi Amerika. Penetapan monumen itu dilakukan pada hari yang sama ketika para aktivis hak perempuan memperingati Hari Kesetaraan Upah untuk menarik perhatian mengenai terus terjadinya kesenjangan upah antara lelaki dan perempuan. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG