Tautan-tautan Akses

Polisi Moskow Tahan Beberapa Aktivis Oposisi


Polisi Moskow menerapkan tindakan keras terhadap para aktivis oposisi yang melakukan aksi protes anti pemerintah (foto: dok).

Polisi Moskow menerapkan tindakan keras terhadap para aktivis oposisi yang melakukan aksi protes anti pemerintah (foto: dok).

Aktivis anti-korupsi Alexei Navalny, tokoh kiri Sergei Udaltsov, dan Ilya Yashin dari kelompok Liberal ditangkap ketika memprotes tindakan keras pemerintah, Sabtu (27/10).

Polisi Moskow hari Sabtu sempat menahan beberapa pemimpin oposisi serta belasan aktivis lain ketika mereka memprotes tindakan keras pemerintah yang semakin meningkat terhadap oposisi Rusia.

Ratusan orang berkumpul Sabtu sore di luar markas Badan keamanan Rusia FSB, pengganti KGB, dan kantor Komite Investigasi – yang kadang disebut FBI Rusia – guna memprotes tindakan keras terhadap oposisi serta perlakuan buruk terhadap aktivis sayap kiri Leonid Razvozzhayev.

Awal pekan ini, penyidik mengatakan, Razvozzhayev telah menyerahkan diri dan mengaku merencanakan kerusuhan. Tapi beberapa hari kemudian, ia mengingkari pengakuannya dan mengajukan keluhan atas apa yang ia sebut penculikannya dari Ukraina. Aktivis HAM yang mengunjungi Razvozzhayev dalam penjara mengatakan, ia disiksa supaya mengaku.

Pengampanye anti-korupsi Alexei Navalny, tokoh kiri Sergei Udaltsov, dan Ilya Yashin dari kelompok Liberal ditangkap ketika berdiri di sekitar markas FSB dengan poster bertuliskan "Saya menentang penyiksaan dan penindasan". Mereka dibebaskan beberapa jam kemudian setelah didakwa mengadakan protes, dan dikenai denda.

Puluhan aktivis berdiri sendiri-sendiri di berbagai titik sepanjang rute antara gedung FSB dan markas Komite Investigasi, sambil memegang poster-poster, satu-satunya bentuk protes yang secara hukum dibolehkan tanpa meminta izin dulu. Beberapa dari mereka bertahan di luar kantor polisi di mana ketiga orang itu ditahan seraya menyerukan pembebasan mereka.
XS
SM
MD
LG