Tautan-tautan Akses

Polisi London Tangkap Pendiri WikiLeaks, Pengacara Assange Lawan Ekstradisi


Pendiri WikiLeaks, Julian Assange, akan muncul di pengadilan London Selasa ini.

Pendiri WikiLeaks, Julian Assange, akan muncul di pengadilan London Selasa ini.

Pengacara pendiri WikiLeaks, Julian Assange, telah mengatakan ia akan melawan ekstradisi ke Swedia, karena khawatir Assange dapat diserahkan kepada Amerika Serikat.

Pihak berwenang di London telah menahan pendiri WikiLeaks, Julian Assange, dengan menggunakan surat penangkapan yang dikeluarkan oleh Swedia.

Swedia memerintahkan penangkapan Assange atas tuduhan perkosaan, perbuatan tidak senonoh dan pemaksaan yang melanggar hukum. Assange telah membantah semua tuduhan. Assange akan tampil di pengadilan London hari Selasa ini.

Pengacara Assange, Mark Stephens, telah mengatakan ia akan melawan ekstradisi ke Swedia, karena khawatir ia dapat diserahkan kepada Amerika Serikat. Assange, yang situsnya mengungkapkan sekitar 250.000 surat kawat rahasia diplomatik Amerika melalui internet, telah membantah tuduhan Swedia tersebut.

Assange mendirikan situs WikiLeaks yang telah merilis 250.000 surat kawat diplomatik rahasia Amerika. Seorang juru bicara WikiLeaks mengatakan penahanan Assange tidak akan mempengaruhi rencana utnuk merilis lebih banyak dokumen lagi.

Sebelumnya, Wikileaks telah mengungkapkan apa yang dikatakannya daftar rahasia tempat prasarana dan sumberdaya pemerintah Amerika di seluruh dunia yang dianggap oleh Amerika Serikat sangat penting.

Para pejabat Amerika dan Inggris mengatakan pengungkapan daftar tersebut oleh WikiLeaks dapat membahayakan jiwa banyak orang.

XS
SM
MD
LG