Tautan-tautan Akses

Amerika Bantu Marinir Meksiko Perangi Narkoba


Tentara-tentara Meksiko pada hari Jumat menangkap seorang anak yang diduga direkrut untuk membunuh oleh seorang gembong narkoba di kota Cuernavaca, Meksiko.

Tentara-tentara Meksiko pada hari Jumat menangkap seorang anak yang diduga direkrut untuk membunuh oleh seorang gembong narkoba di kota Cuernavaca, Meksiko.

Kawat-kawat rahasia yang bocor dalam WikiLeaks, mengungkap kerjasama militer AS dan Meksiko dalam memburu gembong-gembong narkoba.

Sebuah laporan surat kabar Amerika mengatakan pemerintah Amerika sedang membantu satuan-satuan elit marinir Meksiko untuk mencari para pemimpin kartel narkoba dalam misi agresif “tangkap atau bunuh.”

Harian The Washington Post mengutip diplomat-diplomat dan para pejabat penegak hukum, yang nama-namanya tidak disebutkan, mengatakan pelatihan dan tindakan berbagi informasi antara AS-Meksiko berada pada tingkat yang lebih kuat daripada yang pernah diketahui sebelumnya.

The Washington Post melaporkan bahwa para pejabat Meksiko membantah militer Amerika sedang melatih marinir Meksiko, sementara Departemen Pertahanan Amerika menolak untuk membicarakan pelatihan tersebut.

Namun, kawat diplomatik Amerika yang diterbitkan oleh WikiLeaks telah menyebut tentang pelatihan oleh Amerika itu. Kawat-kawat diplomatik itu telah dimuat di situs-situs internet Meksiko dan dilaporkan dalam surat-surat kabar besar Amerika.

The Washington Post mengatakan kawat-kawat diplomatik yang dibocorkan WikiLeaks, mengungkapkan kekhawatiran Amerika bahwa pasukan Meksiko tidak terlatih dengan baik dan rentan korupsi, sehingga lemah dalam berperang melawan narkoba.

XS
SM
MD
LG