Tautan-tautan Akses

Studi: Pokemon Go Bisa Perpanjang Umur


Layar ponsel seorang pemain Pokemon Go yang berjalan di luar gedung pemerintahan di Boston, Massachusetts.

Layar ponsel seorang pemain Pokemon Go yang berjalan di luar gedung pemerintahan di Boston, Massachusetts.

Terjadi peningkatan aktivitas fisik lintas gender, usia, berat badan dan kondisi kesehatan di antara para pemain Pokemon Go, yang menurunkan risiko kematian.

Lupakan aplikasi pencatat kebugaran dan olahraga. Para peneliti mengatakan permainan ponsel Pokemon Go mungkin dapat menambahkan 2,83 juta tahun ke dalam angka harapan hidup dengan hanya membuat orang bangkit dari kursinya dan berburu monster virtual.

Studi tersebut dilakukan oleh Microsoft Research dan menemukan bahwa para pemain Pokemon Go, secara rata-rata, meningkatkan jumlah langkah yang mereka ambil sebanyak 26 persen, dan orang yang paling malas bergerak mendapat manfaat terbanyak. Hal itu berarti 194 langkah lebih banyak per hari, atau sekitar 160 meter.

Jika dijumlahkan, para peneliti mengatakan bahwa secara akumulatif, sekitar 25 juta warga Amerika yang bermain Pokemon berjalan dengan 144 miliar langkah lebih banyak atau setara dengan 143 perjalanan bolak-balik ke bulan.

Peningkatan aktivitas fisik ini terjadi lintas gender, usia, berat badan dan kondisi kesehatan.

Para peneliti mengatakan karena aktivitas menurunkan tingkat kematian, semua aktivitas tambahan dari Pokemon Go itu berarti menambah 2,83 juta tahun terhadap angka harapan hidup. Para pemain yang berjalan 1.000 langkah per hari dapat memperpanjang hidup mereka 41,4 hari.

Kelemahan dari studi ini adalah bahwa daya tarik permainan ini tampak memuncak pada musim panas. Kurangnya ketertarikan dan cuaca yang lebih dingin dapat mengurangi jumlah pemaian dengan drastis.

Penelitian ini diunggah di perpustakaan Cornell University. [jm]

XS
SM
MD
LG