Tautan-tautan Akses

PM Polandia Berhentikan 3 Menteri dan Ketua DPR


Perdana Menteri Polandia Ewa Kopacz (Foto: dok).

Perdana Menteri Polandia Ewa Kopacz (Foto: dok).

Perdana Menteri Polandia Ewa Kopacz mengumumkan pemecatan tiga menteri kabinet dan ketua parlemen, Rabu (10/6), dalam upaya untuk memperoleh kembali keyakinan rakyat pada Partai Program Civic-nya.

Perdana Menteri Polandia Ewa Kopacz telah memberhentikan tiga menteri kabinet dan ketua parlemen dalam upaya untuk memulihkan kepercayaan pemilih pada pemerintahan kanan moderatnya sebelum pemilu legislatif tahun ini.

Kopacz, yang kaget oleh kekalahan pemilu presiden dan sekutunya Bronislaw Komorowski yang diluar dugaan bulan lalu, mengumumkan pemecatan itu hari Rabu, dalam usaha untuk memperoleh kembali keyakinan rakyat pada Partai Program Civic-nya.

Korban yang paling menonjol dalam pemberhentian hari Rabu adalah ketua DPR Radoslaw Sikorski. Ia adalah tokoh utama yang direkam secara rahasia di restoran mewah Warsawa yang memperdebatkan persekongkolan politik dengan para pelobi dan pengusaha.

Para analis mengatakan rekaman yang diungkapkan tahun 2014 itu turut dengan signifikan menyebabkan kekalahan Komorowski tanggal 24 Mei. Sejak itu, angket pendapat umum telah menunjukkan Partai Program Civic yang pernah dominan itu ketinggalan di belakang oposisi konservatif Partai Hukum dan Keadilan.

XS
SM
MD
LG