Tautan-tautan Akses

Warga Polandia Pilih Presiden Baru


Pemilihan Presiden Polandia

Pemilihan Presiden Polandia

Para pemilih di Polandia hari Minggu (24/5) memadati TPS-TPS untuk memberikan suara dalam pemilu limpasan yang berlangsung sengit antara presiden inkumben Bronislaw Komorowski dan penantangnya Andrzej Duda.

Duda telah memenangkan pemilu putaran pertama awal bulan ini. Beberapa analis menggambarkan kemenangan Duda sebagai salah satu kejutan terbesar dalam dunia politik Polandia dalam beberapa tahun terakhir ini, karena survei-survei menjelang pemilu mengindikasikan bahwa Komorowski akan meraih kemenangan secara mudah.

Komorowski, sejarawan dan mantan menteri pertahanan, pertama kali terpilih sebagai presiden tahun 2010 lalu dan kini berkampanye agar terpilih kembali untuk masa jabatan kedua, dengan memusatkan perhatian pada tantangan-tantangan keamanan nasional.

Sementara tokoh konservatif Andrzej Duda dalam kampanyenya berjanji akan menurunkan batas usia pensiun. Ia juga menjanjikan pemangkasan pajak dan mengingatkan soal kenaikan harga barang jika Polandia mengadopsi mata uang euro.

Di Polandia, pemerintah dipimpin oleh perdana menteri. Tetapi presiden, yang dipilih untuk masa jabatan selama lima tahun, mengepalai angkatan bersenjata dan memiliki wewenang atas kebijakan luar negeri dan meloloskan undang-undang.

XS
SM
MD
LG