Tautan-tautan Akses

PM Kenya akan Kembali ke Pantai Gading untuk Tengahi Persetujuan


Presiden Pantai Gading Laurent Gbagbo, kanan, bersama Perdana Menteri Kenya Raila Odinga, kiri, Presiden Sierra Leone Ernest Bai Koroma,tengah. (foto: dok)

Presiden Pantai Gading Laurent Gbagbo, kanan, bersama Perdana Menteri Kenya Raila Odinga, kiri, Presiden Sierra Leone Ernest Bai Koroma,tengah. (foto: dok)

Raila Odinga yang bertugas sebagai penengah Uni Afrika di negara itu, akan berkunjung ke Abidjan pekan ini.

Perdana Menteri Kenya Raila Odinga diperkirakan akan segera kembali ke Pantai Gading dalam usaha menengahi persetujuan antara Presiden Pantai Gading yang sedang menjabat, Laurent Gbagbo, dan pemenang pemilu presiden yang diakui PBB, Alassane Ouattara.

Para pejabat mengatakan Odinga, yang bersama-sama bertugas sebagai penengah Uni Afrika di negara itu, akan berkunjung ke Abidjan pekan ini. Tidak ada keterangan lebih rinci yang dikeluarkan.

Hari Senin, dutabesar Pantai Gading di PBB mengatakan Ouattara, pemenang pemilihan bulan November itu yang diakui internasional, akan membentuk pemerintahan persatuan dengan para anggota partai Presiden Laurent Gabgbo, jika Gbagbo meletakkan jabatan terlebih dahulu.

Youssoufou Bamba mengatakan kepada British TV bahwa Gbagbo memiliki “orang-orang yang kompeten dalam partainya” dan bahwa Ouattara siap untuk bekerja dengan mereka “dalam kerangka kabinet gabungan yang luas.”

Usulan Ouattara untuk membentuk pemerintahan persatuan muncul di tengah-tengah tekanan yang meningkat terhadap Gbagbo agar melepaskan kekuasaan dan mengakhiri konflik yang telah menyebabkan kekerasan yang menewaskan lebih 200 orang dan mengancam akan memicu kembali perang saudara.

XS
SM
MD
LG