Tautan-tautan Akses

Pertempuran Sudan Selatan Berlanjut sementara Perundingan Damai Berlangsung


Seorang tentara Sudan Selatan siaga di sebuah truk militer di kota Bentiu, negara bagian Unity (12/1).

Seorang tentara Sudan Selatan siaga di sebuah truk militer di kota Bentiu, negara bagian Unity (12/1).

Kesepakatan atas proposal gencatan senjata tertunda oleh penolakan pemerintah untuk membebaskan 11 tahanan politik yang dituntut oleh pemberontak.

Kedua pihak yang berperang dalam konflik Sudan Selatan hari Senin (13/1) melanjutkan perundingan perdamaian, sementara pemberontak melaporkan bentrokan besar dengan pasukan pemerintah.

Wartawan Marthe van der Wolf berada di lokasi perundingan perdamaian di Addis Ababa, ibukota Ethiopia. Ia mengatakan delegasi pemerintah dan pemberontak diberi proposal terbaru gencatan senjata untuk mereka pertimbangkan, dan kembali bertemu hari Selasa.

Kesepakatan atas proposal gencatan senjata itu terus tertunda oleh penolakan pemerintah untuk membebaskan 11 tahanan politik, seperti yang dituntut pemberontak.

Menteri luar negeri Sudan Selatan mengatakan kepada VOA siaran bahasa Inggris ke Afrika bahwa para pejabat akan mempercepat “proses hukum” terhadap para tahanan itu, yang dituduh berencana menjatuhkan pemerintah.

PBB mengatakan lebih 200.000 warga Sudan Selatan terpaksa mengungsi sejak konflik pecah sebulan lalu.

Tentara Presiden Salva Kiir bertempur melawan tentara yang mendukung mantan wakil presiden Riek Machar, yang dipecat Kiir bulan Juli. Konflik itu memicu kekhawatiran terjadinya perang saudara di negara termuda di dunia itu, yang pisah dari Sudan kurang dari tiga tahun lalu.
XS
SM
MD
LG