Tautan-tautan Akses

AS

Pertumbuhan Ekonomi AS Lebih Lambat dari Perkiraan


Ekonomi AS tumbuh pada laju tahunan 1,8 persen di kwartal pertama 2013, lebih rendah dari 2,4 persen yang diperkirakan sebelumnya (foto: dok).

Ekonomi AS tumbuh pada laju tahunan 1,8 persen di kwartal pertama 2013, lebih rendah dari 2,4 persen yang diperkirakan sebelumnya (foto: dok).

Amerika mengatakan, ekonominya tumbuh pada laju tahunan 1,8 persen di kwartal pertama tahun ini, lebih rendah dari yang diperkirakan sebelumnya.

Sebelumnya, pemerintah memperkirakan ekonomi tumbuh pada laju 2,4 persen pada periode Januari hingga Maret. Namun hari Rabu (26/6), Departemen Perdagangan AS mengatakan pengeluaran konsumen lebih rendah dari yang diperkirakan dan bahwa impor dan ekspor menurun sebelumnya tahun ini. Pengeluaran pemerintah di berbagai penjuru negeri juga turun.

Laporan terbaru kondisi ekonomi Amerika, yang merupakan terbesar di dunia, adalah cerminan pemulihan yang tidak pasti dari resesi yang terjadi lebih empat tahun lalu. Tingkat pengangguran menurun menjadi 7,6 persen, namun masih tergolong tinggi berdasarkan sejarah.

Pada saat yang sama, perusahaan-perusahaan menimbun cadangan uang tunai dan indeks-indeks saham penting masih belum mencapai tingkat tertingginya.

Para analis memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Amerika akan sekitar 2 persen atau lebih rendah pada periode April hingga Juni, namun menguat pada paruh kedua tahun ini.

Kemajuan yang bertahap ini telah mendorong bank sentral Amerika, Federal Reserve, menyatakan bahwa akhir tahun ini pemerintah akan mulai memangkas belanja sekuritas hingga miliaran dolar yang ditujukan untuk menstimulasi ekonomi, dan kemungkinan mengakhiri sepenuhnya pada pertengahan tahun 2014.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG