Tautan-tautan Akses

Pernyataan Bank Sentral AS Picu Penurunan Saham Asia, Eropa


Pernyataan Gubernur Bank Sentral AS Ben Bernanke untuk melonggarkan stimulus memicu penurunan saham di Asia dan Eropa Kamis 20/6 (foto: dok).

Pernyataan Gubernur Bank Sentral AS Ben Bernanke untuk melonggarkan stimulus memicu penurunan saham di Asia dan Eropa Kamis 20/6 (foto: dok).

Penurunan saham dipicu oleh pernyataan Gubernur Bank Sentral AS Ben Bernanke yang mengatakan mungkin akan melonggarkan stimulus.

Harga saham di Asia dan Eropa turun tajam hari Kamis, beberapa jam setelah Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat Ben Bernanke mengatakan mungkin akan melonggarkan upaya merangsang perekonomian dengan mengurangi stimulus.

Harga saham-saham penting Asia turun dua persen atau lebih, dengan harga saham di Paris, Frankfurt, dan London semua turun lebih dari dua persen pada perdagangan sore hari. Harga saham di New York yang hari Rabu turun satu persen setelah Bernanke mengungkapkan kebijakannya, turun satu persen lagi pada pembukaan hari Kamis.

Para analis finansial mengecam Bank Sentral Amerika Serikat dalam beberapa pekan terakhir karena memberikan pesan yang tidak jelas mengenai apakah akan mengurangi pembelian sekuritas senilai 85 miliar dolar per pekan untuk mempertahankan suku bunga pada tingkat rendah yang mencatat rekor untuk mendorong perekonomian.

Stimulus ekonomi telah membantu mendorong harga saham Amerika Serikat mencapai rekor tertinggi, tetapi karena ketidakpastian, harga saham akhir-akhir ini terus naik turun.

Bernanke mengatakan, karena perekonomian Amerika menunjukkan tanda-tanda membaik, Bank Sentral akan mengurangi pembelian aset dan mengakhirinya tahun depan jika perekonomian Amerika tidak terpuruk lagi.
XS
SM
MD
LG