Tautan-tautan Akses

Penggemar Kucing Penuhi CatCon, Festival Khusus Kucing di Los Angeles

  • Associated Press

Lil Bub di CatCon, Los Angeles

Lil Bub di CatCon, Los Angeles

Sambil mengibas-ngibaskan ekor kucing dan mengedutkan kumis kucing mereka, para penggemar kucing yang beberapa di antaranya mengenakan kaos bertuliskan "Check Meowt," mengobrol tentang kucing peliharaan mereka yang "purrfect" sementara menunggu antrian untuk foto dengan kucing selebriti.

Pets CatCon

Pets CatCon

Tidak ada satupun yang lebih serius dari Laura E. Mart yang berasal dari Los Angeles, yang mengenakan gaun yang ia buat dari gabungan 300 foto kucing yang dicetak di kain, dengan rok yang panjang bermeter-meter. Ia juga mengenakan topi berbulu yang panjang, lengkap dengan ekor kucing.

"Kalau saya melihat seekor kucing, saya harus menggendongnya dan mengelus-ngelusnya. Saya takut jadi 'cat lady,' jadi ini cara saya memiliki semua kucing yang saya inginkan," katanya tentang gaunnya.

CatConLA pertama ini membawa kepopuleran kucing di dunia internet ke kehidupan nyata, melalui pesta kostum minggu lalu. Acara ini memanfaatkan kepopuleran 'meme' internet dan video kucing yang tersebar di media sosial sementara orang-orang berbagi kecintaan mereka akan tingkah kucing yang lucu dan melahirkan bintang-bintang seperti Grumpy Cat dan Lil Bub yang lidahnya terus terjulur.

Kostum kucing di CatCon, Los Angeles

Kostum kucing di CatCon, Los Angeles

Lebih dari 12.000 orang mengeluarkan kostum Halloween mereka atau pakaian dengan tema kucing untuk dikenakan di acara tersebut yang merupakan acara serupa ComicCon, festival komik di mana para pengunjung datang mengenakan kostum komik, tapi khusus untuk pencinta kucing.

Kucing yang terkenal 'Lil Bub' dielus oleh pencinta kucing Mayim Bialik yang merupakan salah satu bintang film seri "The Big Bang Theory" dan Jack McBrayer pemeran film seri "30 Rock" sementara para panelis menghibur dan pedagang mempromosikan barang dagangan mereka.

Pengunjung yang ramai sempat membuat kewalahan para pedagang yang berjumlah sekitar 100an. Olivia Mew, yang sepertinya terlahir untuk komoditas kucing, mengatakan sampai Sabtu siang (6/6) ia telah menjual 150 kaos, tas, dan poster yang ia bawa dari Montreal.

Beauty Bar kehabisan stiker kucing yang ditempelkan ke kuku pelanggan oleh para 'manicurist.' Bahkan makanan yang dijual di food truck juga laku keras.

Tapi hal itu tidak mengganggu keseruan penggemar kucing itu. Antrian panjang di booth, antrian tandatangan dan seminar di The Reef di tengah kota Los Angeles memberikan kesempatan bagi mereka untuk bertemu dengan sesama pencinta kucing.

Sambil mengenakan kaos "Mayim is Purr-fect," seorang perempuan antri selama dua jam untuk bisa menjadi orang pertama yang mendapatkan tandatangan dan foto dengan artis dan ilmuwan syaraf atau neuroscientist, Mayim Bialik.

"Saya selalu heran kalau ada orang yang ingin berfoto dengan saya," kata Bialik sambil tertawa. "Terima kasih sudah menunggu sekian lama."

Kucing-kucing dan anak-anak kucing menarik minat orang untuk ikut mengantri walaupun ada lebih 100 orang di antrian tersebut. Best Friends Animal Society membantu menemukan rumah bagi 74 kucing dari beberapa rumah penampungan hewan di Los Angeles, kata Candi Crawford, manajer organisasi tersebut.

Di booth souvenir Lil Bub, selimut dan handuk terjual dengan cepat. Kucing itu menjadi kucing populer di internet berkat mata besarnya dan lidahnya yang selalu terjulur.

Di salah satu sesi temu muka yang tiketnya terjual ludes untuk kepentingan badan amal hewan, pemilik Lil Bub Mike Bridavsky berbicara tentang hubungan khususnya dengan Bub dan kerja mereka yang melelahkan. Setelah itu, hadirin yang dibatasi hanya 75 orang yang telah membayar 150 dolar, mendapat kesempatan untuk mengelus Bub.

"Orang-orang yang membayar 150 dolar untuk bertemu dengan Bub adalah beberapa dari orang yang paling baik yang pernah Anda temui," kata Bridavsky. "Mereka sangat manis dan protektif terhadap Lil Bub dan sangat mencintai kucing itu."

Seminar lain menampilkan kartunis dan penulis "Sally Forth," Francesco Marciuliano, blogger dan penulis Angie Bailey dan animoator Simon Tofield, yang memulai "Simon's Cat," serial di YouTube tentang kucing gemuk badung dan pemiliknya Simon.

CatConLA, yang akan diadakan kembali tahun depan, berhasil mengumpulkan uang 20.000 dolar untuk FixNation, sebuah klinik sterilisasi kucing di LA, kata penyelenggara acara tersebut, Susan Michals.

Booth selfie dengan pernak-pernik kucing di CatCon, Los Angeles

Booth selfie dengan pernak-pernik kucing di CatCon, Los Angeles

Di acara tersebut, pemilik kucing Clarissa Mosher dari Carson dan pacarnya Freddie Luna dari El Monte mencoba booth selfie dengan berbagai pernak-pernik kucing.

"Mereka menunjukkan cinta mereka yang tak bersyarat pada manusia," kata Mosher. "Kucing lebih pemilih daripada anjing, jadi kalau mereka menyukaimu, maka kamu tahu kalau mereka benar-benar suka."

XS
SM
MD
LG