Tautan-tautan Akses

China Tangkap 10 Orang yang Menguliti Panda

  • Associated Press

Seorang panda bermain di cagar alam Panda Valley di Dujiangyan, provinsi Sichuan, China.

Seorang panda bermain di cagar alam Panda Valley di Dujiangyan, provinsi Sichuan, China.

Polisi di China menahan 10 orang yang membunuh seekor panda betina, kemudian menjual bagian-bagian tubuhnya, menurut media pemerintah setempat Rabu.

Panda adalah jenis spesies yang termasuk dalam daftar binatang yang dilindungi oleh negara. Pemburuan terhadap panda terhitung jarang terjadi, tapi bagian tubuh panda diyakini bernilai tinggi di pasar gelap karena langka.

CCTV mengatakan polisi kehutanan di provinsi Yunnan menemukan kulit panda, daging panda, tulang-belulang dan organ-organ tubuh dari pemburu dan penjual.

Sensus terbaru menunjukkan populasi panda bertambah 268 menjadi 1.864 ekor di China sejak sensus sebelumnya di tahun 2003.

Organisasi World Wild Fund for Nature mengatakan bahwa pemburuan, ancaman umum bagi panda di China, telah menurun tapi pertumbuhan ekonomi yang pesat menjadi ancaman baru bagi populasi panda. Pembangkit listrik tenaga air, jalan-jalan raya dan proyek-proyek pertambahan menggangu habitat alami panda.

Pejabat-pejabat China mengatakan pemburuan satwa langka dan penyelundupan organ-organ tubuh binatang masih lazim dan petugas berwenang meningkatkan upaya untuk mencegah berbagai perilaku yang membahayakan satwa langka.

XS
SM
MD
LG