Tautan-tautan Akses

Pengamanan Ketat di Hari Pertama Konvensi Nasional Partai Republik


Konvensi nasional Partai Republik di Cleveland, Ohio.

Konvensi nasional Partai Republik di Cleveland, Ohio.

Peningkatan keamanan sangat terasa di kota Cleveland, Ohio, menjelang pembukaan Konvensi Partai Republik Senin sore (18/7). Seratus dua puluh tiga kelompok demonstran juga telah mendapat ijin untuk menyampaikan suara mereka di sekitar lokasi.

Para sukarelawan dan kelompok-kelompok musik tradisional menyambut ramah di Cleveland Hopkins International Airport dengan senyum dan spanduk bertuliskan ''Selamat Datang di Kota Kami''. Tetapi semakin mendekati pusat kota Cleveland, tepatnya di sekitar arena Quicken Loans, keramahan itu sedikit bergeser menjadi kekhawatiran melihat sebaran sekitar 5.500 personil keamanan yang ditempatkan khusus untuk mengamankan Konvensi Nasional Partai Republik. Jumlah personil keamanan ini mencakup 3.000 polisi federal, 2.000 polisi non-federal dan 500 polisi Cleveland sendiri.

Peningkatan Keamanan Terasa di Cleveland

Besarnya jumlah personil keamanan dan ketatnya prosedur pemeriksaan keamanan yang dilakukan bagi siapapun, termasuk delegasi, pers dan rombongan petinggi partai, memang sudah diprediksi mengingat banyaknya insiden kekerasan yang terjadi di Amerika beberapa bulan belakangan. Belum lagi karena Cleveland adalah salah satu kota yang mengijinkan warga pemilik senjata api bisa membawa senjata api mereka secara terbuka di tempat umum. Jadi jangan heran jika ketika sedang makan di restoran atau jalan-jalan, Anda melihat sepucuk senjata api muncul dari belakang kantung celana seseorang. Atau ada demonstran yang membawa senjata api.

Tetapi jika ingin memasuki arena konvensi, maka semua orang, kecuali aparat keamanan, dilarang membawa senjata api. Sejumlah barang yang juga dilarang adalah pisau, gunting, laser-pointers, semprotan merica, replika senjata, payung selfie-stick, kembang api, pendingin minuman atau coolers, botol dan minuman kaleng, hingga amplop yang belum dibuka. Jangan tanya alasannya, karena aparat tampak tidak ingin kecolongan dengan potensi terjadinya insiden apapun.

Total Anggaran Keamanan bagi RNC Capai $50 Juta

Kepolisian Cleveland mengatakan telah menyiapkan 10 ribu pasang borgol plastik, 2.000 perlengkapan anti huru-hara, 1.000 tempat tidur di penjara-penjara lokal di Cleveland dan sekitarnya untuk mengantisipasi penangkapan massal, dan 300 sepeda baru khusus bagi polisi yang difokuskan untuk mengendalikan kerumuman massa dan demonstrasi.

Total anggaran keamanan bagi konvensi ini mencapai 50 juta dolar, termasuk 30 juta dolar bagi gaji personil dan 20 juta dolar untuk peralatan-peralatan tadi.

Tema Konvensi Hari Pertama: "Jadikan Amerika Aman Kembali"

Konvensi Nasional Partai Republik akan dibuka Senin sore (18/7) dan setiap hari ada tema yang menjadi fokus perhatian. Yang menarik tema besar hari ini adalah ''Make America Safe Again'' atau ''Jadikan Amerika Aman Kembali''. Akan menarik melihat apa yang akan disampaikan para pembicara utama hari ini mengingat begitu tingginya kewaspadaan di Cleveland, kota yang menjadi tuan rumah konvensi. Pembicara utama yang akan sangat menarik perhatian adalah istri Trump, Melania.

"Trump adalah pemimpin hebat. Ia akan bekerja untuk kita dan akan membuat Amerika hebat kembali," kata Melania yang juga mantan model kelahiran Slovenia 26 April 1970 itu dalam salah satu kampanye Trump baru-baru ini. Selama ini Milenia, yang menikah dengan Trump pada tahun 2005, dikenal selalu berada di balik layar, dan tentunya menarik mendengar apa yang akan disampaikannya Senin malam.

Selain itu ada pula CEO Duck Commander & Buck Commander yang juga bintang serial ''Duck Dynasty'' Willie Robertson, mantan gubernur Texas Rick Perry, pensiunan Navy SEAL yang juga penulis buku terkenal ''Lone Survivor'' tentang pertempuran di Afghanistan Timur tahun 2005, Marcus Luttrell, dan banyak lainnya. [em]

XS
SM
MD
LG