Tautan-tautan Akses

Konvensi Partai Republik Siap Digelar


Quicken Loans Arena di Cleveland, Ohio, siap menggelar acara Konvensi Partai Republik (16/7).

Quicken Loans Arena di Cleveland, Ohio, siap menggelar acara Konvensi Partai Republik (16/7).

Konvensi Partai Republik siap digelar di Cleveland, Ohio mulai tanggal 18 – 21 Juli ini. Lebih dari lima ribu delegasi dan perwakilan dari 50 negara bagian, District of Columbia dan lima wilayah Amerika akan menghadiri perhelatan akbar ini.

Untuk keempat kalinya the Buckeye State, julukan bagi negara bagian Ohio, dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Konvensi Partai Republik. Sebelumnya Ohio terpilih sebagai lokasi konvensi pada tahun 1876, 1924 dan 1936.

Juru bicara Komite Nasional Partai Republik David O’Neil dalam beberapa kesempatan mengatakan mengingat urgensi acara ini dan banyaknya jumlah orang yang akan hadir, Konvensi Nasional Partai Republik disebut-sebut sebagai acara terbesar kedua setelah Olimpiade Rio de Janeiro di Brazil.

Acara yang dilangsungkan mulai hari Senin (18/7) ini diperkirakan akan dihadiri oleh 50.000 orang, yang mencakup sekitar 2.472 delegasi, 2.000 delegasi alternatif, 15.000 wartawan, dan ribuan aktivis politik, donor, tokoh-tokoh partai dan anggota keluarga mereka, serta staf partai. Mengingat kapasitas gedung Quicken Loans Arena hanya mencapai 20.562 orang, maka hampir separuh jumlah orang yang akan hadir nantinya diperkirakan harus berada di luar arena.

Sejumlah Tokoh Berpengaruh Partai Republik Tak akan Hadir

Berbeda dengan Konvensi Partai Republik sebelumnya yang sudah sejak jauh hari sudah diramaikan dengan kehadiran banyak tokoh, panitia konvensi kali ini justru berupaya keras mengajak tokoh-tokoh GOP untuk menjadi pembicara. Sejumlah tokoh berpengaruh Partai Republik sudah dengan tegas mengatakan mereka tidak akan menghadiri konvensi tahun ini karena tidak sepakat dengan pernyataan-pernyataan tajam Donald Trump, bilyuner yang hampir dapat dipastikan akan menjadi calon presiden partai tersebut. Dua pernyataan Trump yang paling tajam adalah seruan larangan bagi warga Muslim untuk masuk ke Amerika dan pembangunan tembok pembatas di perbatasan Amerika-Meksiko.

Mantan Presiden George Walker Bush dan abangnya Jeb Bush, yang dikalahkan Trump dalam beberapa pemilihan pendahuluan awal tahun ini, mengatakan tidak akan menghadiri konvensi. Dua mantan calon presiden sebelumnya, yaitu mantan Gubernur Massachusetts Mitt Romney dan Senator Arizona John McCain, juga mengatakan tidak akan datang.

Selain Keluarga Trump, Beberapa Senator jadi Pembicara RNC

Lalu siapa yang akhirnya akan menjadi pembicara? Selain istri Trump, Melania dan keempat anaknya yang sudah dewasa yaitu Ivanka, Eric, Donald Junior dan Tiffany, pembicara lainnya adalah Ketua DPR Paul Ryan dan pemimpin mayoritas Senat Mitch McConnell. Lima dari 16 kandidat calon presiden yang dikalahkan Trump sebelumnya juga direncanakan akan bicara, yaitu Senator Texas Ted Cruz, Gubernur New Jersey Chris Christie dan Gubernur Wisconsin Scott Walker. Dua penyintas serangan teroris terhadap kompleks konsulat Amerika di Benghazi, Libya tahun 2012 yaitu Mark Geist dan John Tiegen juga akan datang. Selain politisi, ada pula olahragawan dan pebisnis yang akan menjadi pembicara, antara lain pemain golf professional Natalie Gulbis, pemilik kasino di Las Vegas Phil Ruffin, salah seorang pendiri PayPal Peter Thiel dan presiden Ultimate Fighting Championship Dana White. Sheriff Wisconsin David Clarke yang mengecam gerakan “Black Lives Matter” sebagai kelompok yang menurutnya “melancarkan” kebencian terhadap polisi juga akan bicara.

Pendukung John Kasich Nyatakan Dukungan Hingga Akhir

Sementara satu kelompok yang sejak awal mendukung John Kasich, gubernur Ohio yang kini menjadi lokasi perhelatan acara, mengatakan kepada VOA bahwa mereka akan tetap datang untuk menunjukkan kesetiaan pada John Kasich.

“Saya akan tetap menunjukkan dukungan saya pada Gubernur Kasich, tidak saja sejak ia mengajukan diri untuk maju, tapi sampai ia benar-benar mundur dari pertarungan ini,” ujar seorang pendukung John Kasich yang ditemui VOA di bandara Cleveland.

Jika mengikuti acara konvensi di Tampa, Florida sebelumnya maka delegasi yang hadir akan menyampaikan dukungan pada calon presiden pilihan mereka mulai hari Selasa (19/7), sementara Donald Trump akan menyampaikan pidato resmi nominasi Kamis malam (21/7).

Otorita Berwenang Berikan Ijin Demonstrasi Bagi 135 Kelompok

Sementara itu di luar gedung konvensi diperkirakan akan sejumlah demonstrasi yang akan berlangsung. Antara lain demonstrasi kelompok ‘’Organize Ohio’’ yang akan berunjukrasa menentang ketidaksetaraan dan kemiskinan, kelompok ‘’Black Lives Matter’’ yang akan berunjukrasa mendorong kesetaraan nasib warga Amerika keturunan Afrika, serta kelompok ‘’Citizens for Trump’’ dan ‘’Traditionalist Worker Party’’ yang akan menunjukkan dukungan penuh pada Trump.

Para delegasi akan dimukimkan di kawasan di timur laut Ohio, sementara khusus delegasi California tinggal di Sandusky yang terletak sekitar satu jam dari Cleveland. Sekitar 350 mobil siap membawa delegasi dan rombongan mereka dari dan menuju ke Quicken Loans Arena.

Cleveland memang tidak main-main mempersiapkan diri untuk menyelenggarakan konvensi ini. Cuyahoga County bahkan menyiapkan anggaran sebesar 50 juta dolar untuk membuat Public Square yang baru dan 275 juta dolar untuk membangun sebuah hotel dengan 600 kamar yang juga baru. [em]

XS
SM
MD
LG