Tautan-tautan Akses

Pengadilan Nigeria Dakwa Dua Pria Terkait al-Qaida


Seorang pria berjalan di depan pengadilan tinggi negeri di Abuja, Nigeria (Foto: dok). Baru-baru ini pengadilan negeri Abuja mendakwa dua orang pria terkait al-Qaida.

Seorang pria berjalan di depan pengadilan tinggi negeri di Abuja, Nigeria (Foto: dok). Baru-baru ini pengadilan negeri Abuja mendakwa dua orang pria terkait al-Qaida.

Pengadilan Federal di ibukota Abuja, Nigeria, mendakwa Olanyi Lawai dan Luqman Babatunde terkait teroris al-Qaida.

Pengadilan di Nigeria mendakwa dua orang pria mempunyai hubungan dengan kelompok teroris al-Qaida dan berencana merekrut anggota baru dan mengangkut mereka ke Yaman.

Kedua orang Nigeria itu, Olanyi Lawai dan Luqman Babatunde, mengaku tidak bersalah hari Kamis di pengadilan federal di ibukota Abuja.

Tim jaksa menuduh kedua pria itu menerima lebih dari enam ribu dolar dari kelompok al-Qaida di Semenanjung Arabia untuk merekrut dan mengangkut calon anggota. Kelompok Islamis itu, yang dibentuk tahun 2009, aktif sebagian besar di Arab Saudi dan Yaman.

Nigeria, negara Afrika yang paling besar penduduknya, terbagi antara bagian selatan yang mayoritas Kristen dan utara yang mayoritas Muslim. Daerah ini telah dilanda rentetan serangan maut dalam beberapa tahun ini yang dituduh dilakukan oleh kelompok militan Islamis lain, Boko Haram.

Para pakar mengemukakan bahwa cabang-cabang al-Qaida asli, yang dibentuk oleh Osama bin Laden, lebih giat di daerah setempat mereka dimana mereka mengakibatkan kematian dan penghancuran, daripada di Barat.

Tetapi, al-Qaida yang berbasis di Yaman di Semenanjung Arabia sedang diawasi internasional karena usahanya yang gagal membom Amerika Serikat dan sasaran-sasaran lain di Barat.
XS
SM
MD
LG