Tautan-tautan Akses

Presiden Nigeria Berhentikan Dua Pejabat Tinggi


Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan (Foto: dok).

Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan (Foto: dok).

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan telah memberhentikan Menteri Pertahanan dan Penasihat Keamanan Nasionalnya, di tengah-tengah keprihatinan meningkatnya keresahan di bagian utara negara itu.

Jurubicara presiden, Reuben Abati mengumumkan hari Jumat bahwa Menteri Pertahanan Bello Mohammed dan penasihat Keamanan Nasional Owoye Azazi telah dibebas-tugaskan.

Menurut Reuben, Azazi akan digantikan oleh Sambo Dasuki, seorang kolonel purnawirawan yang dekat dengan pemimpin negara itu, Jenderal Ibrahim Babangida. Penggantian untuk menteri pertahanan itu belum diumumkan.

Perombakan tersebut diadakan ketika keadaan darurat dan aksi militer gagal mengatasi pemberontakan Islam yang telah mengakibatkan sedikitnya 90 orang tewas dalam sepekan ini.

Kelompok Islamis Boko Haram telah melancarkan sejumlah serangan bom dan senjata terhadap umat Kristen di Nigeria timur laut yang melakukan tindakan pembalasan.

Pertempuran itu telah menimbulkan kecaman terhadap pemerintah ditengah-tengah keprihatinan bahwa mungkin ada kasus mengenai penduduk yang melakukan tindakan hukum sendiri kalau pihak berwenang tidak bisa menghentikan serangan Boko Haram.

Nigeria adalah negara berpenduduk paling padat dan penghasil minyak terbesar di Afrika.
Negara itu terbagi antara bagian utara yang mayoritas penduduknya Muslim dan selatan yang sebagian besar Kristen.
XS
SM
MD
LG