Tautan-tautan Akses

Penduduk LA Atasi Kemacetan dengan LA Bike Trains


Pengendara sepeda di AS

Pengendara sepeda di AS

Kota Los Angeles di Amerika dikenal padat dengan pengemudi mobil karena kota itu terbentang luas dan transportasi publik sangat terbatas. Sekelompok pengguna sepeda ingin mengubah budaya berkendara mobil itu dengan program yang disebut LA Bike Trains.

Para pengemudi mobil mengatakan sepeda berbahaya. Menurut Roger Rosas, misalnya, pengemudi mobil harus terus was-was agar tidak menabrak pesepeda, yang juga bisa mengakibatkan kecelakaan mobil.

Agar lebih aman, sejumlah pesepeda di Los Angeles berkendara bersama-sama dalam jumlah besar atau disebut bike train. Mereka tinggal dan bekerja di daerah yang saling berdekatan.

Nona Varnado adalah salah satu penggagas program LA Bike Trains. Menurutnya, ada cukup banyak pesepeda berkendara pada saat bersamaan sehingga tidak menyulitkan atau membahayakan bagi pengemudi mobil di jalanan.

LA Bike Trains diluncurkan Mei tahun lalu. Jumlah peserta dan rutenya di seluruh penjuru kota itu semakin bertambah. Nona mengatakan rute-rute itu dirancang khusus untuk menghindari masalah di persimpangan jalan.

Rute-rute itu berjarak antara tujuh hingga hampir 32 kilometer. Hal itu menjadikan LA Bike Trains unik dibandingkan kota-kota lain, menurut pakar transportasi Herbie Huff pada Universitas California di Los Angeles.

Ia mengatakan pihak pengembang kota terus mempertimbangkan pembuatan lebih banyak jalur sepeda dan sudah ada lebih banyak jalur sepeda dalam dua tahun ini di kota LA dibandingkan dengan total 30 tahun sebelumnya.

Herbie mengatakan pembuatan jalur khusus sepeda lebih bermanfaat daripada program bersepeda bersama. Menurutnya, program bike train bergantung pada jadwal sehingga banyak pesepeda mungkin tidak bisa ikut serta.

Namun para penggagas LA Bike Trains mengatakan bersepeda bersama juga bermanfaat karena mereka ingin para pesepeda memiliki rasa aman dan percaya diri dengan bersepeda secara berkelompok.
XS
SM
MD
LG