Tautan-tautan Akses

Penasihat Ekonomi Obama Desak Kongres Naikkan Pagu Utang AS


Dr. Austan Goolsbee, penasihat ekonomi Obama

Dr. Austan Goolsbee, penasihat ekonomi Obama

Austan Goolsbee memperingatkan bahwa akan terjadi bencana ekonomi yang besar, kalau Kongres AS tidak mau menaikkan pagu utang Amerika.

Penasihat ekonomi utama presiden Barack Obama mengatakan, kalau Kongres baru yang dikuasai partai Republik tidak mau menaikkan pagu utang Amerika, akan terjadi bencana ekonomi yang besar.

Kata Austan Goolsbee kepada stasiun televisi Amerika ABC hari Minggu, tindakan seperti itu adalah suatu ”kegilaan” dan dampaknya pada bidang ekonomi akan sangat besar.

Apabila pagu utang itu tidak dinaikkan, katanya lagi, Amerika tidak akan bisa membayar utang untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Kata Goolsbee, Kongres tidak bisa main-main dalam hal ini. Sebagian anggota Kongres partai republik mengatakan, menaikkan pagu utang itu adalah suatu tindakan yang tidak bertanggung-jawab karena akan memungkinkan pemerintahan menggunakan uang yang tidak dimilikinya.

Pagu utang adalah batas tertinggi yang ditetapkan oleh Kongres untuk membatasi pengeluaran, tapi pagu itu secara berkala selalu dinaikkan oleh Kongres.

XS
SM
MD
LG